Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

Fakta Unik Mengenai Burung Hantu


Owl, kalau dalam bahasa Indonesia disebut burung hantu. Hewan dengan konotasi seram ini sering dianggap pembawa sial bagi sebagian masyarakat. Karena sifatnya yang kalem, misterius, suka keluar malam.

Sayangnya saat ini burung hantu terancam habitatnya karena banyaknya penebangan liar hutan. Saya sendiri turut prihatin atas masalah ini. Semoga ke depannya anak cucu kita masih bisa melihat burung unik yang satu ini. Oke, sekarang kita lihat apa saja fakta unik yang dimiliki burung hantu.


# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 1
Burung hantu memiliki 150 spesies berbeda yang hidup tersebar di semua benua di dunia, tentunya kecuali benua Antartika.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 2
Burung hantu adalah karnivora atau hewan pemakan daging. Santapan utama mereka adalah hewan-hewan pengerat kecil seperti tikus. Burung Hantu yang hidup di peternakan bahkan mampu memakan 1000 tikus pertahun. Makanan lain dari burung hantu adalah serangga, reptil-reptil kecil, dan ikan.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 3
Burung hantu memiliki telinga yang unik dengan ukuran dan tinggi yang berbeda dengan kepalanya. Bentuk yang unik ini memberikan pendengaran super kepada burung ini. Bahkan bisa dikatakan Burung hantu adalah burung paling baik daya pendengarannya. Hal ini sangat membantu burung hantu dalam menentukan pergerakan mangsanya, daripada mengandalkan kemampuan matanya yang cukup buruk.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 4
Burung Hantu memiliki lembaran-lembaran bulu di sekitar telinganya. Lembaran-lembaran ini bukanlah untuk mebantu pendengaran, melainkan untuk meperlihatkan kondisi burung tersebut, berkamuflase, atau untuk menakut-nakuti burung lainnya.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 5
Mata burung hantu terlingkupi oleh tulang mata sehingga tidak bisa digerakkan untuk melirik kanan atau kiri.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 6
Kepala burung hantu sangatlah hebat. Mengapa demikian? Karena kepalanya dapat berputar hingga 270 derajat!

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 7
Burung hantu memiliki 3 kelopak mata. Satu untuk berkedip, satu untuk tidur dan satu untuk menjaga mata agar tetap bersih dan sehat.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 8
Kaki burung hantu merupakan kaki zygodactyl dengan dua jari belakang dan dua jari belakang. Bentuk kaki seperti ini semakin menguatkannya sebagai seorang Predator.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 9
Ternyata tidak semua burung hantu adalah nocturnal atau selalu keluar pada malam hari. Beberapa diantaranya banyak yang keluar pada siang hari tergantung pada kondisi habitat, musim, serta makanan.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 10
Burung hantu sudah ada sejak lama, terbukti dengan digunakannya burung hantu dalam simbol-simbol kuno seperti pada Mesir dan bangsa Maya. Fosil tertua burung hantu yang ditemukan diperkirakan telah berumur 58 juta tahun. Yang terbesar adalahOrinmegalonyx oteroi, dengan tinggi sekitar 3 kaki.

Labels: Fauna

Thanks for reading Fakta Unik Mengenai Burung Hantu. Please share...!

Back To Top