Di sebuah daerah pemukiman cerdas Hong Kong yang biasa disebut Mid-level, masyarakat dilayani oleh bentuk transportasi yang tidak biasa – sistem eskalator terpanjang di dunia yang ada diluar ruangan. Mid-Levels sistem eskalator ini meliputi lebih dari jarak sepanjang 800 meter dengan mengarah naik sekitar 135 meter dari bawah ke atas. Eskalator ini terdiri dari 20 eskalator dan 3 trotoar bergerak, terhubung di tempat-tempat dengan jembatan dan memiliki 14 pintu masuk serta keluar. Untuk menaiki sepanjang eskalator satu arah ini akan memakan waktu sekitar 20 menit. Namun, perjalanan dapat dipersingkat jika Anda berjalan sementara eskalator bergerak, yang kebanyakan orang lakukan. Eskalator Hong Kong Mid-Level ini dibuka pada tahun 1993, sekarang membawa lebih dari 55.000 orang setiap harinya.
Ujung permulaan Eskalator ini terletak di Queen's Road Central dan berakhir di Conduit Road di Mid - Levels yang berkelok-kelok melalui jalan-jalan sempit. Karena kurangnya ruangan, maka tidak mungkin untuk membangun dua eskalator dengan arah bolak-balik, itulah mengapa eskalator ini disebut eskalator satu arah. Sehingga, dilakukanlah penjadwalan arah eskalator. Perjalanan eskalator ke bawah dari Mid - Levels pada pukul 06:00-10:00 setiap hari, memungkinkan penumpang eskalator mencapai kantor mereka di Central. Lalu, setelah pukul10:00, aliran eskalator ini akan dibalik sehingga perjalanan eskalator akan mengarah menanjak sampai tengah malam. Begitu seterusnya.
Melihat keadaan ini, maka pada tahun 2011, rencana lain pun diajukan untuk membuat eskalator kedua dengan panjang 880 meter yang menghubungkan Conduit Road dengan Queen's Road dekat Sheung Wan Municipal Building Services. Sayangnya, proyek ini masih dalam tahap pertimbangan.
Sistem eskalator ini pada awalnya dikritik karena membebani anggaran, dan pada saat yang sama ternyata gagal untuk mencapai tujuan utama yaitu mengurangi kemacetan lalu lintas antara Central dan Mid-Levels. Namun, banyak warga yang menyukainya, dikarenakan metode transportasi gratis dan mudah sehingga para pengguna eskalator pun semakin bertambah menjadi lebih dari 55.000 orang setiap harinya, lebih dari dua kali perkiraan awal. Sistem eskalator juga telah direvitalisasi daerah yang dilewatinya. Banyak pengusaha membuka restoran dan instansi ekonomi lainnya di sekitar perjalanan eskalator.
Ujung permulaan Eskalator ini terletak di Queen's Road Central dan berakhir di Conduit Road di Mid - Levels yang berkelok-kelok melalui jalan-jalan sempit. Karena kurangnya ruangan, maka tidak mungkin untuk membangun dua eskalator dengan arah bolak-balik, itulah mengapa eskalator ini disebut eskalator satu arah. Sehingga, dilakukanlah penjadwalan arah eskalator. Perjalanan eskalator ke bawah dari Mid - Levels pada pukul 06:00-10:00 setiap hari, memungkinkan penumpang eskalator mencapai kantor mereka di Central. Lalu, setelah pukul10:00, aliran eskalator ini akan dibalik sehingga perjalanan eskalator akan mengarah menanjak sampai tengah malam. Begitu seterusnya.
Melihat keadaan ini, maka pada tahun 2011, rencana lain pun diajukan untuk membuat eskalator kedua dengan panjang 880 meter yang menghubungkan Conduit Road dengan Queen's Road dekat Sheung Wan Municipal Building Services. Sayangnya, proyek ini masih dalam tahap pertimbangan.
Sistem eskalator ini pada awalnya dikritik karena membebani anggaran, dan pada saat yang sama ternyata gagal untuk mencapai tujuan utama yaitu mengurangi kemacetan lalu lintas antara Central dan Mid-Levels. Namun, banyak warga yang menyukainya, dikarenakan metode transportasi gratis dan mudah sehingga para pengguna eskalator pun semakin bertambah menjadi lebih dari 55.000 orang setiap harinya, lebih dari dua kali perkiraan awal. Sistem eskalator juga telah direvitalisasi daerah yang dilewatinya. Banyak pengusaha membuka restoran dan instansi ekonomi lainnya di sekitar perjalanan eskalator.
Labels:
Bangunan
Thanks for reading Eskalator Satu Arah Paling Panjang di Dunia. Please share...!