Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

Kepulauan Paling Terpencil di Samudera Pasifik


Kepulauan Tuvalu adalah sebuah negara terpencil di selatan Samudera Pasifik, dekat dengan Kepulauan Fiji dan Kiribati. Selain alam pantainya yang elok, kepulauan ini juga punya kuliner yang unik.

Penduduk asli Tuvalu disebut sebagai orang Polynesia. Mereka bertubuh tinggi besar, berkulit cokelat dan berambut ikal. Populasi orang di Tuvalu tak lebih dari 10.000 jiwa. Inilah salah satu negara kecil yang terpencil di Samudera Pasifik.

Kepulauan Tuvalu terdiri dari 9 pulau kecil, dengan Pulau Funafuti sebagai pusat pemerintahannya. Tuvalu terkenal oleh keindahan alam dan budayanya. Penduduk Tuvalu masih berpegang erat pada nilai-nilai budaya lokal. Perpaduan alam dan budaya inilah yang menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi Tuvalu.

Ada kebiasaan unik yang dilakukan penduduk Tuvalu, yakni makan ikan mentah. Mereka sering menyebutnya dengan Ocean Restaurant. Tidak harfiah seperti restoran pada umumnya, melainkan makan ikan yang didapat langsung dari laut. Warga setempat sama sekali tidak mengolahnya terlebih dahulu. Tak ada pula tambahan saus atau bumbu, berbeda dengan sashimi ala Jepang.

Penduduk Tuvalu biasa pergi ke pantai untuk memancing ikan. Cara memancing ini pun berbeda, mereka hanya menggunakan seutas tali pancing kemudian menceburkan setengah badan ke pantai. Saat ikan didapat, mereka langsung membersihkan ikan tersebut menggunakan sebilah pisau kecil dan hap! Siap dimakan.

Menurut mereka, ikan lebih enak kalau dimakan mentah. Dagingnya masih segar dan terasa manis. Perairan Tuvalu dipenuhi ikan tuna, tak heran kuliner favorit mereka adalah ikan tuna mentah. Penasaran? Datang saja ke Tuvalu dan cicipi sendiri rasanya.






Labels: Budaya, Cakrawala

Thanks for reading Kepulauan Paling Terpencil di Samudera Pasifik . Please share...!

Back To Top