Arsitektur Sekolah Paling Unik


Terpaling - Menuntut ilmu sudah merupakan kewajiban untuk semua umat manusia. Salah satu caranya adalah dengan bersekolah. Dengan bersekolah, kita dapat mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan kita dapat bersosialisasi dengan teman-teman kita. Tentunya, sekolah tersebut harus memiliki kondisi bangunan yang layak untuk digunakan dan didukung dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai. Supaya kita yang menuntut ilmu di sekolah tersebut akan merasa senang dan nyaman ketika kita sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar. Betul? Siapa coba yang enggak mau suasana belajarnya nyaman dan menyenangkan?

Ngomongin soal sekolah, dari banyaknya sekolah yang ada di dunia ini, ternyata ada sekolah yang memiliki bangunan dengan bentuk yang unik lho. Mau tau se-unik dan sekeren apa bangunan sekolah tersebut? Berikut beberapa sekolah dengan bangunan paling unik di dunia. Simak ya!

1. Mode Gakuen Spiral Towers, Jepang


Gakuen Spiral Towers adalah gedung kampus yang berada di kota Nagoya, Jepang dengan bentuk spiral dan dibuat oleh Nikken Sekkei. Gedung yang terdiri dari 36 lantai dengan tinggi sekitar 170 m ini merupakan kampus untuk 3 jurusan disana yaitu fashion design, komputer serta kedokteran. Teknologi ramah lingkungan yang diterapkan pada gedung ini adalah penggunaan kaca jendela sistem Double-Glazed Air Flow yang bertujuan untuk menyerap panas yang masuk ke dalam gedung serta penggunaan ventilasi udara secara alami. Teknologi ini digunakan untuk mengurangi pemakaian AC di dalam ruangan pren.

2. Orestad High School, Copenhagen


Orestad College, di Denmark, menjadi satu-satunya bangunan sekolah termewah dengan berbagai fasilitas kelas satu. Sekolah ini dirancang senyaman mungkin untuk para siswa dengan begitu mereka bisa menghasilkan prestasi maksimal. Kalangan akademisi Denmark percaya bahwa sinar matahari dapat membangkitkan semangat belajar para siswa. Karenanya, bangunan sekolah dirancang sedemikian rupa untuk memaksimalkan masuknya sinar matahari sebagai sumber penerangan. Biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya adalah $325. Kalo di rupiahin berapa tuh pren?

3. Modern High School, Central LA


Walaupun lebih mirip sebuah bangunan dengan desain museum seni, hasil karya dari Coop Himmelb(l)au di Central Los Angeles ini sebenarnya adalah sebuah sekolah menengah umum lho pren. Sekolah ini diperuntukkan untuk mereka yang ingin belajar seni visual dan seni pertunjukan.

4. Arcadia University Grey Towers Castle


Kampus ini tadinya adalah sebuah kastil, yang kemudian dirombak menjadi sebuah universitas. Uniknya si pemilik kampus masih mempertahankan desain interiornya, sehingga suasana kampus jadi lebih mirip setting film ‘jadul’. Jadi serasa kesatria di zaman pertengahan Eropa. Hehehe.

5. Nanyang University, Singapore

Atap hijau yang paling menakjubkan di dunia adalah di Sekolah Seni, Desain, dan Media di Nanyang Technological University di Singapura. Dinding kaca yang ada memungkinkan banyak cahaya alami untuk menerangi interior dan atap berumput digunakan sebagai ruang pertemuan bagi siswa. Atap hijau berumput ini juga melindungi bangunan, mendinginkan udara sekitar, dan menadah air hujan untuk irigasi tumbuhan di sekitarnya. Keren

Gimana? Tertarik untuk menuntut ilmu disana? Kalau semua bangunan sekolah ataupun kampus memiliki gedung yang mewah dan unik seperti beberapa gedung di atas tadi pasti bakal sangat menyenangkan pren, bahkan mungkin enggak akan ada pelajar yang mempunyai niat untuk bolos dari sekolah.

Labels: Bangunan, Unik

Thanks for reading Arsitektur Sekolah Paling Unik. Please share...!

0 Comment for "Arsitektur Sekolah Paling Unik"

Back To Top