Kota Paling Layak Huni di Australia



Kota Canberra menggeser posisi Adelaide sebagai Kota Paling Layak Dihuni di Australia. Poin utama yang mendapat penilaian tertinggi adalah sarana rekreasi luar ruangan, pendidikan serta keamanan Kota Canberra.


Canberra terpilih sebagai kota terbaik untuk dihuni di Australia. (Credit: ABC)

Penilaian Kota Paling Layak Huni dilakukan setiap tahun oleh Dewan Properti Australia. Metodenya adalah melakukan survei terhadap 5.400 responden di 10 kota, dengan mengajukan pertanyaan seputar isu-isu utama perkotaan.

Ibukota Australia ini juga menempati urutan kedus dalam pelayanan kesehatan, kebersihan, desain kota, fasilitas jalan raya, lapangan kerja dan peluang ekonomi.

Ini untuk pertama kalinya Canberra meraih posisi pertama, setelah dua tahun sebelumnya hanya menempati urutan kedua setelah Adelaide.

"Penilaian ini merupakan keputusan warga kota sendiri, yang merupakan masukan bagi pemerintah atas persepsi warga mengenai bagaimana kelayakan kota mereka untuk dihuni," kata Catherine Carter dari Dewan Properti.

Meski menempati urutan teratas, namuyn ia menilai Canberra masih bisa meningkatkan lagi standar kelayakannya sebagai sebuah kota.

"Responden percaya pemerintah Canberra harus berbuat lebih banyak untuk menyediakan perumahan yang terjangkau, termasuk dalam mengatur pajak jual-beli rumah," kata Carter.

"Pemerintah Canberra harus lebih kreatif dalam menyediakan perumahan yang terjangkau. Sebuah kota tidaklah layak dihuni jika harganya tidak terjangkau," katanya.

Sementara itu Melbourne mengalami peningkatan rating untuk jaringan jalan rayanya, serta keragaman warga yang hidup di kota itu.

Demikin pula Sydney, meskipun isu utama kota ini tetap menjadi kelemahan, yaitu mahal dan macet.

Kota Darwin di utara Australia menempati urutan paling bawah, terutama dalam isu pendidikan, kesehatan serta kemananan.

Sementara di barat, Kota Perth turun peringkat disebabkan menurunnya rangking ekonomi akibat perlambatan dalam sektor pertambangan di wilayah itu.

0 comments:

Post a Comment