Anti Virus Paling Ringan 2014




Anda pasti pernah bingung nih waktu memilih antivirus yang pas, terutama pengguna windows 7 kebawah, saya jamin antivirus WAJIB hukumnya. Kalo windows 8 sebagian orang udah 'kurang peduli' soalnya antivirus bawaanya udah lumayan greget juga.

Nah pasti anda ga suka kan antivirus jadi bikin sistem lelet terutama yang suka gaming dan desain berat tetapi spesifikasi sistem pas-pas an. Okelah saya maklumi kalo anda ga make antivirus tetapi bagi yang masih galau-galau milih antivirus bisa lanjut baca nih. Memang antivirus itu sangat direkomendasikan terpasang pada sistem, tapi apa daya menganggu ?

Siapa yang mau korbankan kinerja komputasi hanya untuk keamanan? Mungkin sudah wajar jika dijawab tidak ada. Tidak ada kan orang yang mau korbankan perfoma keseluruhan PC/laptop yang membuat kinerja penggunaan terganggu. Tetapi bagi berbagai kalangan terutama perusahaan pasti rela korbankan perfoma mereka untuk software keamanan agar data mereka aman dari peretas.

Tetapi bagaimana dengan pengguna umum atau biasa. Misal sudah PC/ laptop kita membeli dengan spesifkasi pas-pasan masih juga dihantui dengan masalah serangan malware. Tentu saja dengan terpaksa install software pengamanan. Tetapi mungkin yang muncul dibenak agan, kalau begitu sebaiknya cari antivirus yang ringan penggunaan resources saja biar tidak mengganggu perfoma secara drastis atau bisa jadi mencari tips agar antivirus favorit kita berjalan tanpa terlalu membebani sistem.

Pada kali ini akan saya berikan rekomendasi berdasarkan pengalaman sendiri tentang antivirus yang cukup ringan dalam kebutuhan sumber daya sistem-nya, tentunya antivirus keluaran tahun 2014 atau tren 2014.

Berikut nama antivirus yang masuk daftar ringan:

Windows Defender 
#1 Antivirus teringan yang berdasarkan pengalaman saya sangat ringan (bawaan sistem operasi windows8). Windows Defender terdapat versi yang berbeda yang bawaan windows 7 dan bawaan windows 8. Keduanya sudah berbeda sangat jauh dalam keamananya sekalipun. Antivirus ini berani saya rekomendasikan dalam hal keamanan dan efektifitas sumber daya sistem pada windows 8 sedangkan milik Windows 7 keamananya menurut ane cukup lemah. Karena faktanya Windows Defender pada windows 8 sebenarnya adalah microsoft security essentials yang hanya diubah namanya dan dibuat lebih baik.
Microsoft Security Essentials

#2 Antivirus yang ringan hampir sama-dengan windows defender. Tetapi antivirus ini sedikit lebih berat pada Windows Defender milik Windows 7. Sedangkan pada windows 8. MSE (microsoft secuirty essentials) adalah Windows Defender bawaan windows defender yang namanya dirubah. Tentu saja antivirus ini tergolong ringan dan keamananya cukup baik untuk menangkal malware.

ESET NOD32

#3 Antivirus tidak hanya sekedar ringan tetapi sudah lengkap dengan keamanan lain termasuk proteksi jaringan dan proteksi lebih extended. Antivirus ini tidak saya nomor satukan karena berbayar. Powerfull dan ringan ESET jadi pilihan agan untuk spesifkasi PC/ notebook yang pas-pasan. Tentu saja tidak se-ringan MSE dan Windows Defender karena fiturnya lebih banyak.

AVAST Free

#4 Antivirus yang tersedia versi gratisanya. Tetapi menurut pengalaman saya anti-malwarenya masih dibawah ESET. Tetapi beberapa fitur pengamanan seperti deepscan adalah untuk menjalankan software dalam karantina layaknya membatasi software dalam aktifitas mencurigakan sehingga meminimalisir serangan malware diam-diam. Tetapi tetap saja sensitifitas akan malware tetap dibawah ESET dan antivirus besutan microsoft (MSE dan windows defender).

Avira Free

#5 Yang terakhir termasuk dalam daftar teringan versi saya adalah Avira Free Edition. Walau tidak seringan antivirus yang diatas. Tetapi sensitifitas avira berdasarkan pengalaman tetap yang terbaik. Karena software semacam cheat engine saja terdeteksi virus (dulu kala). Tetapi walau sangat baik dalam scan malware, avira masih tergolong 'agak berat'. Terasa pada spesifikasi PC/ notebook yang 'pas-pasan' terutama saat startup windows. Bagi sebagian orang yang pernah saya amati merasa sedikit lebih berat memang load Windowsnya.

Kesimpulan

Sekian saja daftar anvirius teringan tahun 2014 versi ane. Walau tidak ada bukti diatas tapi hanya berdasarkan pengalaman tertulis saja. Meskipun masih ada beberapa yang sama ringanya tetapi saya belum test dan sementara ini yang diatas yang namanya sudah sejak lama terkenal. Untuk yang terbaik bagi sistem anda, saya tidak berani tentukan. Itu semua kembali kepada pilihan anda. Apakah anda hobi download, browsing, cracking software, dan lingkungan perusahaan. Semua pilihan bergantung pada agannda. Sebagai penutup saya akan coba beri rating (versi saya) kepada antivirus diatas.

0 comments:

Post a Comment