Obat Stres Paling Baik


Stres merupakan gangguan paling banyak diderita. Menurut Dr Manny Alvarez, Senior Managing Editor dari FOX News Channel, masalah ekonomi merupakan penyebab terbesar stres pada seseorang. Dan stres, cepat atau lambat akan menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit jantung, kecemasan dan depresi.

Alvarez memberikan sejumlah "pertolongan pertama" bagi Anda yang terbebani masalah, sehingga tak perlu berlarut-larut menderita karenanya. Berikut beberapa obat stres paling efektif:

1. Pijat
Secara historis, orang Tiongkok menggunakan pijat untuk membuka saluran energi dalam rangka meningkatkan kesehatan. Pijat berfungsi untuk mengendurkan otot yang tegang, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat mengendurkan otot-otot ketegangan.

2. Meditasi
Meditasi hanya membutuhkan waktu 15-30 menit sehari. Caranya hanya diam dan membiarkan pikiran Anda berjalan bebas, atau hanya fokus pada pernapasan Anda. Hal ini bisa membantu Anda melepaskan stres.

3. Yoga
Hampir sama seperti meditasi, karena yoga memberi Anda waktu untuk menyendiri dengan pikiran Anda. Olahraga juga memiliki manfaat tambahan, yaitu melepaskan endorfin ke dalam otak dan mampu meningkatkan suasana hati Anda.

4. Sediakan almond dan kopi
Makanan sehat, seperti biji-bijian dan protein dapat meningkatkan mood Anda dan memberi Anda energi yang tahan lama untuk mengatasi segala sesuatu yang datang kepada Anda sepanjang hari. Makanan yang sangat efektif untuk stres adalah blueberry, salmon dan almond.

Tak ada salahnya menikmati secangkir kopi. Menurut penelitian, secangkir kopi di siang hari dapat memberikan manfaat kesehatan dan merilekskan Anda.

5. Batasi penggunaan Internet dan ponsel
Dengan berpaling dari Internet dan mematikan ponsel, setidaknya Anda dapat memblokir beberapa saluran stres. Anda juga dapat mengurangi kemungkinan insomnia dengan tidak menyentuh gadget selama beberapa waktu.

6. Konsumsi telur dan produk susu
Vitamin B berfungsi untuk mengaktifkan otak dan sistem saraf, serta membantu mendorong relaksasi dan melawan kelelahan. Vitamin B biasanya ditemukan dalam kacang-kacangan, buncis, kacang polong, hati, telur dan produk susu.

7. Aromaterapi
Dalam beberapa kasus, menghirup aroma tertentu telah terbukti efektif menghilangkan stres dan mampu meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan dan membantu fokus dan konsentrasi. Para ahli mengatakan, bau yang sedap dapat merangsang sistem limbik, yang pada gilirannya melepaskan zat kimia yang mempengaruhi otak, mempromosikan perasaan relaksasi, ketenangan, cinta dan kegembiraan. Pilih aroma lavender, cemara atau rosemary.

8. Tidur
Tidur adalah peredam stres alami yang paling penting dari hal-hal yang telah disebutkan di atas. Terlalu sedikit tidur membuat Anda uring-uringan, mudah tersinggung dan gelisah. Terlalu banyak tidur juga tidak baik, karena bisa membuat Anda lesu dan depresi.

Makanan yang bisa membantu Anda tidur adalah yang mengandung karbohidrat, pisang, kacang, buah ara dan susu. Semua makanan ini mengandung tryptophans, prekursor untuk membuat melatonin (hormon yang mampu membuat seseorang tidur). Namun sebaiknya hindari makan besar dekat dengan waktu tidur, karena dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Obat Stres Paling Baik. Please share...!

0 Comment for "Obat Stres Paling Baik"

Back To Top