Kota dengan Lalu Lintas Paling Padat di Dunia




MOSKOW - Ternyata, masih ada sejumlah kota di dunia yang lebih padat dari Jakarta. Di kota ini, pemandangan kemacetan kendaraan di jalan bak ular raksasa setiap hari terjadi. Bahkan, dari riset yang ditulis oleh Indeks Perdagangan Global perusahaan GPS asal Belanda, Tom-tom, mencatat tingkat kemacetan di kota ini mencapai 74 persen.

Kota tersebut adalah kota Moskow. Perusahaan riset tersebut membandingkan data dari 60 kota tersibuk di dunia. Hasilnya, rata-rata setiap warga Moskow menghabiskan waktu 74 menit lebih lama di banding 60 kota tersebut. Jika di total, warga Moskow menghabiskan waktu 128 jam setiap tahunnya hanya untuk menempuh perjalanan sejauh 30 menit.

"Kita tahu selama beberapa tahun terakhir, jumlah warga yang memiliki mobil meningkat tajam di Rusia, khususnya Moskow," ucap Ahli Kemacetan Lalu Lintas Global, Nick Cohn yang dikutip dariCNBC, Selasa (3/6/2014).

"Kemacetan tidak hanya terjadi di jalan-jalan utama, tapi mengular hingga jalan-jalan kecil. Dan parahnya, jalur alternatif tidak banyak di Moskow," tambah dia.

Di posisi kedua yaitu kota Istanbul di Turki. Tingkat kemacetan di negeri yang terkenal dengan makanan kebab ini mencapai 60 pesen. Rata-rata warga Istanbul membutuhkan waktu tambahan 66 menit lebih lama dari waktu tempuh normal. Jika di total, warga Istanbul menghabiskan waktu 120 jam setiap tahunnya untuk menempuh perjalanan sejauh tiga puluh menit.

Ekonomi di kedua kota ini tumbuh signifikan, sehingga membuat jumlah pekerja di kota ini juga meningkat.

"Pertumbuhan lapangan kerja baru, pertumbuhan penduduk, dan meningkatnya kepemilikan mobil merupakan tantangan bagi pemerintah setempat untuk mengatasi masalah ini," ucap Cohn.

Selain Moskow dan Istanbul, kota dengan kemacetan terparah di dunia lainnya yaitu di Rio de Janeiro, Brasil. Tingkat kemacetan di Negeri Samba ini mencapai 55 persen. Disusul oleh Mexico City 54 persen dan Sao Paulo 46 persen. (wdi)

0 comments:

Post a Comment