Perayaan Kemerdekaan Paling Populer di Dunia


Hari kemerdekaan, umumnya menjadi hari sakral yang diperingati setiap bangsa dan negara setiap tahunnya. Hari bersejarah yang wajib dikenang untuk menghormati para pendahulu yang berjasa untuk negara.

Beragam kegiatan dan tradisi bertahun-tahun berkembang di masing -masing negara untuk peringatan hari kemerdekaan. Diantaranya enam negara berikut, yang memiliki tradisi turn temurun dan menarik.

1. Indonesia
Di pagi hari, setiap tanggal 17 Agustus semua elemen baik pemerintah, instansi pendidikan (sekolah) dan masyarakat melakukan upacara bendera. Setelahnya, biasanya ada iringan pawai dan konser musik.

Tradisinya : Banyak kegiatan lomba tradisional diadakan untuk memperingati hari kemerdakaan. Salah satu lomba yang terkenal adalah panjat pinang yang melambangkan perjuangan rakyat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan dari para penjajah.

2. Australia
Acara seperti festival, konser, pertemuan keluarga, piknik dan barbeque adalah kegiatan khas yang dilakukan warga Australia memperingati kemerdekaannya.

Tradisinya : Tiap kota memiliki cara yang berbeda-beda. Sidney dengan lomba perahunya yang sudah mendunia, Perth dengan pertunjukan kembang api kolosal, dan Melbourne dengan pesta rakyatnya. Selain itu, banyak konser yang diadakan dan warga umumnya berkostum warna-warni.

3. Prancis
Rayakan kemerdekaannya, Negara Prancis kerap mengadakan parade militer di Champs-Elysees dan jadi inspirasi negara lain.

Tradisinya: Parade militer dan pesta kembang apai adalah ritual wajib di Prancis. Tradisi terbaru, sejumlah masyarakat menghadiri pesta yang diadakan pemadam kebakaran yang lengkap dengan seragamnya. Mereka menari, menyanyi dan minum bersama.

4. India
Hampir sama dengan Indonesia, dipagi hari tanggal kemerdekaan warga menghadiri upacara bendera. Selain itu mereka juga menghiasi rumah, kantor dan sekolah dengan bendera India. Bagi mereka perayaan juga merupakan waktu berkumpul bersama keluarga untuk menyaksikan upacara bendera yang disiarkan secara langsung.

Tradisinya: Mengibarkan layang-layang merupakan simbol kebebasan bagi rakyat India. Jadi saat perayaan langit India banyak dihiasi ribuan layang-layang dengan beragam warna dan bentuk.

5. Ghana
Sebagai negara pertama di benua hitam yang merdeka, Gahan memperingati kemerdekaannya dengan parade dan pawai keliling sambil menyalakan kembang api. Namun, pesta tersebut dirasa mereka kurang lengkap jika tidak ada pesta jalan dan kemacetan.

Tradisinya: Pesta sering diadakan di pantai dengan musik dan tarian hip hop. Adapula lomba layar yang diadakan turun-temurun. Dan untuk pesta jalanan sering sekali tidak cukup karena banyaknya masyarakat yang memenuhi.

6. Meksiko
Meksiko merayakan hari kemerdekaannya pada bulan September dengan perayaan parade, konser dan pesta.

Tradisinya: Pusat perayaan dilakukan di Zocalo, alun-alun terbesar di dunia yang jadi tempat berkumpul jutaan orang. Biasanya Presiden Meksiko akan hadir dan melakukan seruan patriotisme dan disambut dengan yel-yel Vivaoleh masyarakat. Pesta diakhiri dengan kembang api.

Labels: Budaya, Kreatif

Thanks for reading Perayaan Kemerdekaan Paling Populer di Dunia. Please share...!

0 Comment for "Perayaan Kemerdekaan Paling Populer di Dunia"

Back To Top