Jembatan Suspensi Paling Unik di Dunia

Pembangunan suatu jembatan memiliki dua tujuan dasar, yakni manfaat dan inspirasional. Berikut ini ada beberapa jembatan paling ekstrem di dunia dengan segala bentuk, ukuran, dan ketinggian.

Jembatan Suspensi Carrick-a-Rede, Irlandia Utara

By Quichot (Edwin Klein) (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons

Jembatan Carrick-a-Rede adalah jembatan suspensi yang terletak di dekat Ballintoy, County Antrim, Irlandia Utara. Jembatan ini menghubungkan daratan Irlandia dengan pulau kecil Carrickarede. Awalnya para nelayan membangun jembatan tersebut bertujuan untuk menangkap ikan di pulau seberang. Dulu jembatan ini lebih mengerikan daripada sekarang. Sebab, jembatan ini hanya memiliki pegangan tunggal, namun kini the National Trust sudah membuat struktur yang lebih kokoh dengan dua pegangan. Jembatan suspensi ini memiliki panjang 19 meter dan berada pada ketinggian 30 meter di atas karang.

Jembatan Gateshead Millennium, Inggris

By Mike1024 (Photo taken by en:User:Mike1024) [Public domain], via Wikimedia Commons

Gateshead Millennium Bridge adalah sebuah jembatan untuk pengendara sepeda dan pejalan kaki yang membentang di atas Sungai Tyne di Inggris. Menariknya, jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan dengan kemiringan paling ekstrem di dunia. Sementara lengkungannya dibuat dalam sembilan bagian. Anda bisa membuktikannya dengan melihat foto tersebut.

Langkawi Sky Bridge, Malaysia

By Shmunmun (Shahnoor Habib Munmun) (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons

Jembatan ini membentang di langit di sekitar ngarai di Pulau Langkawi, yang merupakan pulau terbesar di kepulauan Langkawi, Malaysia. Berada pada 687 meter di atas permukaan laut, menawarkan pemandangan Laut Andaman dan pulau Tarutao. Pemandangan dari jembatan tersebut benar-benar menakjubkan, kurva yang memberikan perspektif yang berbeda dari pemandangan sekitarnya. Jembatan ini adalah salah satu jembatan paling spektakuler di dunia yang memberikan cukup adrenalin. Jembatan untuk pejalan kaki melengkung dan membentang sepanjang 125 meter di sebuah jurang yang spektakuler. Panjang jembatan adalah 136 meter dan lebarnya 2 meter.

Jembatan Royal Gorge, Colorado

By Norbertlammers (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons

Jembatan Royal Gorge adalah sebuah objek wisata di dekat Canon City, Colorado, dalam taman seluas 360-hektar (150 ha). Jembatan ini membentang sepanjang 291 meter di atas Sungai Arkansas, dan memegang rekor jembatan tertinggi di dunia dari tahun 1929 sampai 2003, dan kemudian dikalahkan oleh jembatan Beipanjiang Sungai Bridge 2003 di Cina. Ini adalah jembatan gantung dengan rentang utama 286 meter. Panjang jembatan suspensi ini yaitu 384 meter dan lebarnya 5,5 meter. Jembatan ini berada di menara setinggi 46 meter.

Jembatan Suspensi Capilano, Kanada

By Masterhatch at en.wikipedia [Public domain], via Wikimedia Commons

Jembatan ini dibangun pada tahun 1889 dan mempunyai suspensi sederhana. Selain itu, jembatan Capilano juga menawarkan panorama hutan cemara yang hijau. Panjang jembatan suspensi ini yaitu 137 meter dan berada pada ketinggian 70 meter. Pada sisi jembatan lainnya terdapat jembatan kecil, taman dan pusat sejarah.

Labels: Bangunan, Unik

Thanks for reading Jembatan Suspensi Paling Unik di Dunia. Please share...!

0 Comment for "Jembatan Suspensi Paling Unik di Dunia"

Back To Top