Pulau Paling Padat Sedunia

Pulau Jawa sebagai pusat pemerintahan Indonesia dikenal sangat padat. Namun ada pulau yang kepadatannya melebihi Jakarta. Di mana ya?



Adalah Pulau Bungin yang berada di Desa Gontar Baru, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Letaknya tak jauh dari Pelabuhan Poto Tano, tepatnya 30 menit perjalanan dengan mobil atau motor.

Ini bukanlah pulau yang sempurna lantaran tanahnya merupakan karang. Namun kebutuhan hidup mengharuskan mereka tinggal di sana. Awalnya, ini adalah pulau yang dihuni suku Bajo dari NTT sekitar 1888, setelah Gunung Tambora meletus.

Kini Pulau Bungin makin berkembang dan malah jadi salah satu pulau terpadat di dunia. Ini terjadi karena lahannya yang terbatas. Sehingga satu rumah hanya boleh membangun dengan total luas 7x9 meter saja. Itupun tak ada jeda antar rumah.

Namun setelah turunnya Perda yang baru, untuk tahun 2015, sebuah rumah memiliki luas 9x15 meter. Karena setiap rumah harus memiliki pekarangan depan rumah.

Luas pulau saat ini adalah 8,5 hektar dengan kepala keluarga berjumlah 940. Sedangkan untuk penduduknya sendiri saat ini berjumlah 3.700 jiwa. Bayangkan betapa padatnya itu!

Perumahan di sana sangat padat. Bahkan tadinya tak ada jalan cukup luas untuk dilalui. Kini sudah ada jalan yang bisa dilalui untuk satu mobil.

Kebanyakan jenis rumahnya adalah panggung, terutama yang ada di tepi pulau. Karena di bawahnya langsung air dan kolong rumah dijadikan tempat menyimpan perahu.

Para penduduk yang tinggal di sini bermatapencaharian sebagai nelayan. Di mana para ibunya banyak yang bekerja di rumah atau membuka warung di bawah rumah panggung.









Labels: Fakta

Thanks for reading Pulau Paling Padat Sedunia. Please share...!

0 Comment for "Pulau Paling Padat Sedunia"

Back To Top