Pulau-Pulau Paling Terpencil di Indonesia Tapi Ramai Turis



Alam yang masih perawan dan udara tropis yang hangat menjadikan tempat-tempat ini diminati para wisatawan sebagai tempat 'pelarian'. Mana saja pulau untuk bersembunyi itu? Berikut kami cuplikkan liputan dari The Guardian. 

1. Kepulauan Dodola. 
Pulau tak berpenghuni yang mempesona ini berada di Morotai, Maluku Utara. Dodola menawarkan pantai pasir putih yang eksotik, lengkap dengan pohon-pohon palem dan taman karang. Jika bermimpi berlibur gratis ke pulau pribadi, berkemah dan memasak di atas api terbuka di bawah bintang-bintang Dodola menjadi pilihan yang tepat. Jika ingin ke sana, tanyakan kantor di Daruba untuk kunci chalet dan bernegosiasi perahu di pelabuhan, atau menyewa pemandu lokal seperti Alex Djangu di alex_djangu@yahoo.com

2. Pulau Togean.
Kombinasi pantai pasir putih dan laut biru jernih membuat jatuh hati banyak wisatawan. Tapi itu saja tak cukup, kepulauan di Sulawesi ini juga menjadi tempat yang asyik untuk menyelam ataupun snorkelling. Pulau ini bisa dicapai dengan perahu sewaan dari Gorontalo. Jangan lupa membawa cukup uang tunai, karena di sini tak ada mesin ATM.

3. Kali Manik, Bali.
Bertempat di pantai pasir hitam di desa Kalisada, pantai utara Bali, tiga rumah -SeaShell, Tepee dan Grass Hut- berdiri di tengah taman-taman yang memasok restoran organik. Aliran listrik dibatasi, air didaur ulang, dan para pekerja dibayar secara etis dengan pembagian keuntungan. Bosan bersantai di tempat tidur gantung? Ada banyak pilihan lain, seperti snorkeling, pijat, hiking, atau menyusuri perkebunan kopi. Bahkan menikmati Pulau Menjangan, salah satu tempat menyelam terbaik di Bali. (bali-eco-resort.com)

4. Gili Nanggu, Lombok.

Kepulauan yang terdiri dari 13 pulau dari Sekotong ini tak memiliki banyak penghuni tetap. Hanya satu milik resor asli Indonesia, dengan 17 cottage-air dingin di pantai yang cantik. Berkunjung di sini, para tamu dapat snorkeling, berenang, atau berpesta ikan bakar sambil ditemani bir dingin dan kerlip bintang! (The Guardian)

0 comments:

Post a Comment