'Doa-doa lulus UN' Paling Dicari di Google Pada Ujian Nasional



'Doa-doa lulus UN' Paling Dicari di Google Pada Ujian Nasional

Ujian akhir nasional (UN) selalu membuat siswa-siswa sekolah ketakutan. Pasalnya, UN merupakan pertaruhan berat masa depan mereka. Yang menjadi tekanan bagi mereka adalah standar nilai UN yang berpengaruh terhadap cara belajar. Mereka takut apabila tidak bisa mencapai standar nilai yang ditetapkan pemerintah tahun ini, yani 5,5.

Oleh sebab itu, kekhawatiran psikologis siswa SMA dan sederajat yang mengikuti UN minggu ini dapat diketahui melalui kebiasaan mereka saat browsing yang tidak seperti biasanya.

Berdasarkan kiriman informasi dari Google, para siswa ini lebih sering mencari doa-doa yang bersifat melancarkan dan meluluskan di UN. Kemudian, tentang semangat untuk melakukan UN. Bahkan ada meme-meme 'penghibur' suasana hati pun ikut menjadi trend saat UN akan digelar keesokan harinya.

Tiga hal yang berkaitan dengan UAN tersebut terdeteksi Google menjadi sesuatu yang paling banyak dicari. Dicantumkan juga jika doa-doa lulus UN mencapai posisi puncak (100 persen) paling dicari pada pukul 5 pagi kemarin (13/04).

Terlepas dari itu, tahun ini adalah kali pertama Kemendikbud menggelar ujian nasional berbasis komputer. Meski begitu, ujian berbasis online masih belum bisa dilaksanakan tahun ini mengingat belum meratanya infrastruktur internet di Indonesia.

Dikatakan oleh Mendikbud, Anies Baswedan, dari 70 ribu sekolah yang ada, masih di bawah 1 persen sekolah yang sudah siap melaksanakan ujian berbasis komputer.

0 comments:

Post a Comment