Lima Negara Paling Banyak Eksekusi Hukuman Mati




Amerika yang diklaim sebagai kampiun demokrasi ternyata masuk dalam lima negara yang paling banyak melakukan eksekusi hukuman mati bagi narapidananya. Berdasarkan penelitian terbaru Amnesty International, ada 35 narapidana yang dihukum mati di Negara Abang Sam pada tahun 2014.

Berada pada urutan pertama adalah Iran dengan 289 narapidana, berikutnya Arab Saudi dengan 90 narapidana, Irak dengan 61, diikuti Amerika Serikat dan Sudan pada peringkat kelima dengan 23 narapidana. Urutan berikutnya adalah Yaman (22), Mesir (15), Somalia (14), Yordania (11), Guinea Ekuatorial (9), Pakistan (7), Afganistan (6), Taiwan (5), Belarus (3), Jepang (3), dan Vietnam (3).

Seperti dilansir MJ News pada Selasa, 31 Maret 2015, Amnesty International mencatat 607 eksekusi terjadi di 22 negara pada tahun 2014. Memang terjadi penurunan sebanyak 22 persen ketimbang tahun 2013. Pada tahun lalu, AS mengeksekusi 35 warganya, dan ini jumlah terendah dalam 20 tahun terakhir.

Amnesty International juga mencatat terjadi penurunan jumlah negara yang melakukan eksekusi mati. Amerika Serikat adalah negara terakhir di Benua Amerika yang masih menerapkan hukuman mati.

Di AS, hanya tujuh negara bagian yang melakukan eksekusi narapidana pada tahun 2014, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai sembilan negara. Mayoritas eksekusi atau hampir 90 persen berlangsung di empat negara bagian, yaitu Texas, Missouri, Florida, dan Oklahoma. Sedangkan di Georgia dilakukan eksekusi terhadap dua narapidana, dan di Arizona serta Ohio memiliki masing-masing satu eksekusi narapidana.

Cina tidak masuk dalam penelitian karena Negara Panda ini menjadikan informasi tersebut sebagai rahasia negara. Negara-negara yang juga memberlakukan kebijakan yang sama adalah Eritrea, Malaysia, Korea Utara, dan Suriah.

Penelitian Amnesty International, organisasi global pembela hak-hak asasi manusia, berdasarkan kajian berbagai sumber. Dari angka resmi pemerintah, laporan dari kelompok masyarakat sipil, laporan media, dan informasi dari orang yang dijatuhi hukuman mati serta keluarganya.

0 comments:

Post a Comment