Lima Ancaman Paling Berbahaya untuk Peradaban Manusia



Global Challenges Foundation telah mengeluarkan salah satu laporan yang menyediakan data kuantitatif pada risiko terbesar yang akan dihadapi peradaban manusia di masa depan. Tentu, hal ini akan membawa berbagai ancaman bagi peradaban manusia. 


Robot masa depan.

Mungkin, beberapa orang akan berpikir laporan ini hanya memberikan berita buruk dan kesedihan, namun para peneliti hanya bermaksud mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari kemungkinan dari salah satu ancaman ini bisa terjadi.

Beberapa ancaman berikut ini telah berkembang selama beberapa tahun terakhir yang muncul akibat perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup yang telah terjadi. Dan inilah lima ancaman paling serius untuk peradaban manusia hasil identifikasi dari para peneliti.

1. Letusan gunung berapi.
Sepanjang sejarah, letusan gunung berapi telah menyebarkan teror dan menghasilkan kehancuran dalam skala massal. Seperti halnya letusan gunung Vesuvius yang telah mengubur kota Pompeii, Romawi dan penduduknya, sedangkan peradaban Minoan telah musnah 3.000 tahun yang lalu setelah letusan besar gunung berapi. Letusan gunung berapi akan memengaruhi kemampuan kita untuk bertahan hidup karena persediaan makanan akan lebih sulit untuk didapatkan, dan lingkungan akan sangat terpengaruh. Kemungkinan hal ini akan terjadi diperkirakan sebesar 0,0001 persen.

2. Dampak asteroid besar.
Salah satu teori yang menjelaskan kepunahan dinosaurus sekitar 65 juta tahun yang lalu adalah adanya asteroid besar yang telah menghantam Bumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebuah asteroid akan menabrak bumi setiap 20 juta tahun sekali. Dampak tersebut dapat menghancurkan seluruh negara dan akan berpengaruh besar terhadap iklim dunia, ini akan membuat kita sulit untuk bertahan hidup. Hal ini juga berdampak pada hubungan sosial politik yang tidak stabil. Dalam 100 tahun ke depan, hal ini akan berdampak dalam skala besar dengan kemungkinan terjadi sekitar 0,00013 persen.

3. Perang nuklir.
Ada beberapa kekuatan nuklir yang tersebar di seluruh dunia. Seperti peningkatan ketegangan antara Rusia dan Amerika Serikat di Eropa Timur di tahun lalu, yang didorong oleh krisis yang terjadi di Ukraina. Jumlah senjata di seluruh dunia bisa menghilangkan sebagian besar umat manusia. Bagi mereka yang selamat, dampak ledakan nuklir pada iklim bumi akan membuat hidup jadi tidak mungkin. Kemungkinan perang nuklir akan menghancurkan peradaban manusia di abad berikutnya adalah sebesar 0,01 persen.

4. Perubahan iklim ekstrem.
Perubahan iklim telah muncul selama beberapa dekade terakhir sebagai salah satu tantangan global terbesar. Ada banyak potensi bahaya jika iklim berubah jadi lebih ekstrem, termasuk kelaparan dan migrasi massal. Para peneliti percaya bahwa skenario terburuk, perubahan iklim tersebut dapat memicu ketidakstabilan global dan menimbulkan konflik yang akhirnya menimbulkan kerusakan terhadap peradaban manusia sebesar 0,01 persen dalam 200 tahun ke depan.

5. Kecerdasan buatan.
Perkembangan robot yang semakin kompleks dan sistem komputerisasi telah membawa kemajuan yang besar dalam masyarakat kita. Akibatnya, mesin ini bisa menjadi terlalu cerdas dan mulai bisa menangani masalah dengan tangan mereka sendiri. Para peneliti mengidentifikasi bahwa mesin ini nantinya akan bisa mengorganisir diri, mereka akan sanggup menimbun sumber daya untuk diri mereka sendiri, sehingga akan mencegah manusia untuk mengakses pasokan makanan dan energi yang menjadi kebutuhan mereka. Kemungkinan ini terjadi, menurut penelitian adalah antara 0-10 persen.

0 comments:

Post a Comment