10 Kereta Paling Cepat di Dunia




Indonesia kini tengah mengembangkan proyek kereta cepat Jakarta-bandung. Kereta ini mampu melesat hingga 250 kilometer (km) per jam. Dengan kereta cepat ini, waktu tempuh Jakarta-Bandung bisa dihemat menjadi hanya 35 menit.

Di dunia, negara-negara lain sudah banyak yang mengembangkan kereta jenis ini. Kecepatannya beragam. Jenis dan sebutan mereka pun bermacam-macam.

Jepang punya Shinkansen, China punya Maglev dan nehgara lainnya. Kebanyakan menyebutnya bullet train, karena bentuknya bentuknya menyerupai peluru, atau bisa bergerak secepat peluru.

Lalu, kereta mana yang mampu melaju paling cepat? Berikut daftar kereta paling cepat dilansir dari ABC News Point, Jumat (12/2/2016).

10. THSR 700T

THSR 700T adalah kereta dari Taiwan dan paling cepat di negara tersebut. Moda ini dibuat di Jepang pada 2007. Proyek ini dibuat untuk melayani perjalanan dari Kosyung ke Taipei dan bisa menempun kecepatan hingga 300 km per jam. Karena ada moda ini, waktu tempuh keduanya bisa dihemat hingga 90 menit saja.

9. ETR 500 Frecciarossa

Kereta yang menghubungkan Roma dan Milan di Italia ini punya kecepatan 300 km per jam. Dengan jarak Roma ke Milan sekitar 460 km bisa ditempuh dengan waktu 2 jam 40 menit. Kereta ini punya 4 kabin spesial yaitu eksekutif, bisnis, platinum, dan standar.

8. TGV Double Decker

Kereta ini mulai beroperasi pada 2011 yang bisa melesat 300-320 km per jam. Mengankut 508 orang penumpang setiap perjalanan, kereta ini menghubungkan Masiley dan Paris.

7. Alstom Euroduplex

Alstom euroduplex adalah kereta peluru yang besar yang bisa mengangkut hingga 1.020 orang penumpang sekali perjalanan. Kereta ini bisa melintas antara negara dan banyak turis yang naik kereta ini. Kereta ini melayani perjalanan ke German, Luksemburg, Swiss dan Perancis.

6. Shinkasen Hayabusa

Shinkansen adalah kereta yang terkenal di Jepang. Kereta ini bisa melesat hingga 400 km per jam pada percobaannya, dan pada pengoperasiannya kereta ini dijalankan pada kecepatan 300 km per jam. Kereta ini dibuat oleh dua perusahaan yakni Hitachi dan Kawaasaki.

5. Talgo 350

Talgo 350 menghubungkan dua kota besar di Spanyol, Madrid dan Barcelona. Ada 46 kereta di Spanyol yang menawarkan layanan transportasi. Kecepatan maksimal dari kerta ini adalah 350 km per jam.

4. Siemens Velaro E/AVS 103

Kereta ini bisa melesat hingga 403 km per jam yang juga menghubungkan Barcelona dan Madid. Sehari-hari, kereta ini dioperasikan di kecepatan 350 km per jam. Kereta ini bisa menampung penumpang hingga 404 orang.

3. AGV Italo

Pada percobaannya, AGV Italo mampu melesat hingga 547 km per jam di tahun 2007. Sekarang, kereta tersebut hanya mampu melaju hingga 360 km per ham dari Napoli ke Roma di Italia. Kereta ini dibuat oleh perusahaan Prancis, Astlom.

2. Harmony 380 A

Kereta peluru ini adalah kereta tercepat kedua di dunia. Kereta yang melaju di China ini bisa punya kecepatan maksimal hingga 416,6 km per jam. Kereta ini pertama kali dioperasikan pada 2010 dan mampu mengangkut 494 penumpang.

1. Shanghai Maglev

Inilah kereta paling cepat di dunia. Urusan kereta cepat, China dalam hal ini memang juaranya, karena dua kereta paling cepat di dunia adalah dari China. Maglev bisa melaju hingga 430 km per jam dan berjalan rata-rata 250 km per jam.

Kereta ini bisa mengangkut 574 penumpang sekali jalan dengan harga tiket dari US$ 8 sampai US$ 16.

0 comments:

Post a Comment