Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

Doa Paling Banyak Dipanjatkan Saat Imlek




Karakter "kang" (berarti sehat dalam bahasa Mandarin) menjadi doa paling banyak dipanjatkan warga Tiongkok, termasuk di Beijing dalam perayaan Imlek 2567.

Berdasar polling yang dilakukan China Central Television News dan layanan pesan Wechat, menjelang puncak perayaan Imlek 2567 pada hari Senin, tercatat 670.000 orang menuliskan atau memilih karakter "kang" dalam 24 jam terakhir.

Relatif banyaknya karakter "kang" yang disampaikan menjelang perayaan Imlek, menandakan betapa masyarakat Tiongkok sangat ingin mendapatkan kehidupan yang lebih sehat, terlebih sejumlah kota, termasuk Beijing, merupakan kota dengan tingkat polusi yang sangat tinggi.

Gaya hidup tidak sehat juga makin banyak dilakukan masyarakat Tiongkok hingga menyebabkan obesitas dan gangguan kejiwaan makin tinggi.

Bahkan, sebuah jurnal kesehatan Amerika Serikat "CA: A Cancer Journal for Clinicians" menyebutkan Tiongkok menghadapi ancaman serius kanker pada beberapa tahun mendatang.

Pada tahun 2015, sebanyak 2,8 juta atau sekitar 7.500 warga Tiongkok per hari meninggal dunia akibat kanker.

Karakter lain yang banyak disampaikan pada perayaan Imlek adalah "fu" yang berarti nasib baik, "le" (kebahagiaan), "an" (aman) dan "ji" yang artinya keberuntungan.

Beragam karakter tersebut juga menghiasi pintu-pintu rumah warga Tiongkok dengan dibentuk berupa guntingan kertas merah.

Masalah asmara, justru berada di bawah setelah karakter di atas. Begitu pula, dengan kenaikan gaji. Karakter lain adalah "shou" atau langsing.

Obesitas kini menjadi banyak dialami masyarakat Tiongkok. Komisi Nasional Kesehatan dan Keluarga Berencana Tiongkok mencatat pada tahun 2012 tercatat 30 persen dari populasi mengalami obesitas, atau makin tinggi dibanding 1 dekade terakhir.

Labels: Budaya

Thanks for reading Doa Paling Banyak Dipanjatkan Saat Imlek. Please share...!

Back To Top