Suzuki Satria FU-150 Starter Enginenya Canggih

http://ter-paling.blogspot.com/2012/03/suzuki-satria-fu-150-starter-enginenya.html

Jika men-starter motor biasanya setelah kunci kontak di posisi on, kemudian ditekan tombol starter dan engine pun hidup. Bagaimana jika sewaktu tombol di-starter ternyata ada gigi yang masuk? Apa yang terjadi? Ya tentu saja motor akan maju ke depan dan jika tuas kopling tidak ditarik paling juga mati.

Apakah ada fitur safety dalam hal persoalan starter ini? Ternyata untuk motor besar seperti Suzuki Gixxer, untuk setiap mau starter kopling harus ditarik dalam kondisi apapun (baik masuk gigi atau netral). Baru tekan tombol starter dan engine bisa hidup.

Mau posisi gigi netral ataupun masuk gigi, clutch lever harus ditarik, kalau mau nyala. Saya pernah kebingungan juga, lho kok Gixxer tidak bisa nyala padahal posisi gigi sudah netral. Ternyata harus ditarik dulu. 

Menarik clutch lever mungkin persoalan sepele, namun hal ini untuk membiasakan rider sebelum starter untuk selalu menjaga ‘kopling’ sehingga motor tidak ujug-ujug maju sendiri. Bagaimana penerapannya di motor kecil?

Ternyata Suzuki Satria FU-150 telah mengimplementasikan fitur ini. Sewaktu ke training center Suzuki di Pulo Gadung ditunjukkan fitur ini dan sama persis dengan Suzuki Gixxer. So, ini menambah fitur safety seperti fitur safety menyalakan skutik harus narik tuas rem belakang. Pantaslah jika Suzuki Satria FU-150 motor bebek premium laris manis terus nyaris tiada pesaing, lha wong canggih kok.

Labels: Teknologi

Thanks for reading Suzuki Satria FU-150 Starter Enginenya Canggih. Please share...!

0 Comment for "Suzuki Satria FU-150 Starter Enginenya Canggih"

Back To Top