Kodingareng Keke, Surga Tersembunyi di Sulawesi Selatan



Kodingareng keke adalah sebuah pulau kosong tak berpenduduk yang terletak di gugusan Spermonde. Ada 11 pulau dalam gugusan Spermonde, nah Kodingareng Keke adalah salah satunya. Pulau Kodingareng Keke termasuk dalam wilayah Kecamatan Ujung Tanah, Makassar. Jaraknya 13,48 km dari pesisir Makassar.



Bagaimana jika ingin ke Pulau Kodingareng Keke?
Untuk berkunjung ke Pulau Kodingareng Keke, dapat melalui dermaga Kayu Bangkoa, Jl. Penghibur Makassar. Dermaga Kayu Bangkoa merupakan salah satu pintu untuk mengakses pulau-pulau di gugusan Spermonde. Di dermaga ini kita bisa menyewa perahu motor, atau biasa disebut juga pa’palimbang/jollorok. Lama perjalanan sekitar 40 menit – 1 jam tergantung cuaca saat itu..

Berapa biaya yang harus dikeluarkan?
Biaya menyebrang ke Pulau Kodingareng Keke, bervariasi antara 500 ribu hingga 600 ribu, tergantung kelihaian kita bernegosiasi dengan sang pemilik kapal. Satu speedboat bisa memuat 8 sampai 10 orang. Jadi akan lebih murah jika perginya rame-rame.

Di pulau ini, terdapat 5 petak balai-balai yang disewakan dan setiap petak dikenakan sewa Rp 50.000,-. Jika tidak ingin menyewa, bisa membawa tikar sendiri kemudian digelar di bawah pohon pinus.

Apa yang bisa dilakukan di Kodingareng Keke?
Berbagai aktivitas dapat dilakukan di pulau ini. Diving, snorkeling, berenang atau sekedar berjemur di pasir putih, semua bisa. Pemandangan bawah lautnya sangatlah indah dengan kedalaman kurang dari 5 meter. Terumbu karang berbagai bentuk dan warna serta gerombolan ikan-ikan yang hilir mudik. Jika tidak bisa snorkeling, bisa berenang di pinggir pantai. Bermain pasir dan berjemur menikmati birunya langit.

Aktivitas lain yang tidak kalah asiknya adalah bakar-bakar ikan! Jadi ikannya dibawa dari Makassar, bisa dibeli di Tempat Pelelangan Ikan atau di tempat lain, kemudian dibakar di Pulau dan dimakan setelah berenang. Nyammm

Kapan waktu yang pas liburan ke Kodingareng Keke?
Sebaiknya tidak ke pulau ketika sedang musim hujan, karena biasanya ombak besar dan banyak tukang perahu yang tidak berani menyeberang. Lebih bagus jika memilih liburan di bulan Juni – bulan September.

Waktu yang pas adalah berangkat dari Dermaga Kayu Bangkoa sekitar pukul 8 pagi dan kembali ke Makassar sekitar pukul 3 sore hari.

Nah, tapi ada kekurangannya juga...

Apa kekurangan pulau Kodingareng Keke?
Tidak air tawar dan tidak kamar ganti. Jadi siap-siap saja bawa air tawar sendiri untuk basuh badan sehabis berenang. Bawa sarung juga untuk ganti pakaian yang basah Tidak ada cottage atau rumah penduduk, jadi tidak bisa menginap di pulau ini. Kecuali jika nekat, boleh menggunakan tenda.

Ini dia pulaunya :

Kodingareng Keke




0 comments:

Post a Comment