Masjid Niu Jie, Desain Nuansa Arab-China dan Tertua di Beijing





Saat traveling ke Beijing, China, sempatkanlah mengunjungi Masjid Niu Jie. Masjid yang berusia lebih dari 1 abad ini, menjadi masjid tertua dan pusat komunitas umat muslim di Beijing. Arsitekturnya pun bergaya Arab-China.

Bagi umat muslim yang akan melakukan traveling ke Beijing, Masjid Niu Jie merupakan tempat yang wajib disinggahi. Selain untuk menunaikan ibadah shalat, masjid ini juga merupakan tertua dan bersejarah di Beijing. Anda pun bisa lebih dekat dengan umat muslim di Negeri Bambu tersebut.



Masjid Niu Jie mampu menampung hingga 200.000 jamaah. Masjid ini menempati sebuah situs seluas 6.000 meter persegi. Di dalamnya terdapat ruang shalat, tempat wudhu, tempat pengajian, tempat shalat bagi wanita , Lou Bangge (menara), enam menara observatorium bulan, dan dua paviliun dengan pilar batu.

Dari luar, bangunannya mempunyai arsitektur bergaya bangunan China dengan warna merah yang khas. Saat memasuki masjidnya, lukisan-lukisan kaligrafi yang terukir di kayu-kayu penonggak gedung, menyiratkan suasana ala Arab yang kental.



Masjid Niu Jie dibangun pada tahun 995, pada masa pemerintahan Kaisar Tonghe dari Dinasti Liao oleh dua orang berkebangsaan Arab. Sepanjang Dinasti Yuan, Ming dan Qing atau sekitar abad ke-13 hingga 19, masjid ini mengalami perubahan. Masjid ini sudah melintasi enam zaman dari masa kekuasaan Dinasti Liao, Dinasti Song, Dinasti Yuan, Dinasti Ming, Dinasti Qing hingga era Cina modern saat ini.



Di masjid ini pengunjung beragama lain tidak bisa masuk ke dalam ruang shalat, yang biasanya cukup kosong kecuali pada hari Jumat. Akan tetapi, mereka dapat mengagumi arsitektur eksterior dan melihat-lihat di sekitar halaman.

Masjid ini juga memiliki benda-benda bersejarah, seperti sebuah halaman kecil di sisi selatan berisi makam dua imam Persia yang pernah berkhotbah di abad ke-13. Selain itu, juga terdapat ruang pameran yang menyimpan Al-Quran, foto-foto perkembangan masjid, hingga cinderamata dari tamu-tamu negara lain.



Berkunjung ke Masjid Niu Jie, seolah mengisi kembali ruang-ruang spiritual Anda dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Selamat menunaikan ibadah shalat, bercengkrama dengan umat muslim China, dan menggagumi arsitektur Masjid Niu Jie.

0 comments:

Post a Comment