Tujuan Wisata Terbaik Selain Bali



Sunset di Gili Trawangan

Selain Bali, ternyata ada kawasan wisata lain yang menjadi incaran turis mancanegara, Gili Trawangan namanya. Alam bawah lautnya yang indah dan udara yang bebas polusi berhasil menarik turis untuk berkunjung.

Gili Trawangan yang masuk dalam Desa Gili Indah di Lombok Barat, NTB memang menjadi primadona. Pulau ini lebih banyak menarik wisatawan mancanegara untuk datang, dibanding dua pulau lainnya di Desa Gili Indah, yaitu Gili Air dan Gili Meno.

“Saat ini Gili Trawangan sudah ramai dikunjungi turis mancanegara, karena keindahan bawah laut, keamanan yang baik dan faktor keramahan penduduknya,” kata Kepala Desa Gili Indah, H M Taufik, saat meet and gatering dengan media di Resort Quin Villa and Spa, Gilitrawangan, Lombok, Jumat (27/4/2012).

Ini bisa Anda buktikan dengan datang langsung ke Gili Trawangan. Setiap turis yang datang akan disambut dengan senyum ramah penduduk setempat, tak lupa salam hangat.

Wisatawan ramai berkumpul di tepi pantai

Selain itu, pulau ini juga memiliki udara yang masih bersih, bebas polusi. Kendaraan bermotor jenis apapun diharamkan ada di sana. Inilah yang membuat udara Gili Trawangan selalu bersih, bebas polusi.

Nah, ada satu lagi yang menjadi Gili Trawangan terkenal di kalangan wisatawan. Pulau ini memiliki alam bawah laut yang begitu indah, di sinilah daya magisnya.

“Yang kami jual di Gili adalah wisata baharinya, keindahan bawah laut. Di sini ada banyak spot dive atau snorkeling. Itu yang membuat Gili maju disbanding tempat lain,” tambah Taufik.

Kenakan perlengkapan selam Anda, menyelamlah dan temukan keindahan bawah lautnya. Terumbu karang yang cantik dan ikan aneka warna bisa Anda temukan langsung saat menyelam. Air lautnya juga begitu jernih, sampai-sampai Anda bisa melihat ikan bebas berenang dari permukaan air. Keren!

Tidak sampai di situ, penduduk Gili Trawangan juga menjanjikan keamanan bagi setiap turis yang datang. Tas atau perangkat Anda lainnya dijamin aman meski ditinggal disembarang tempat.

“Jangankan sandal dan tas, sapi yang dilepas bebas saja tidak hilang diambil orang,” tutup Taufik.

Tepi Pantai Gili Trawangan

Semua Kendaraan Bermotor Dilarang Ada di Pulau Ini

Jangan kaget jika Anda tidak menemukan kendaraan bermotor saat berkunjung ke Gili Trawangan. Pulau ini memang sengaja tidak ada motor demi menjaga kelestarian alamnya. Wow!

Salah satu destinasi favorit para pelacong asal mancanegara jika berlibur ke Indonesia adalah Pulau Gili Trawangan di Lombok, NTB. Pulau yang termasuk dalam Desa Gili Indah ini memiliki daya tarik keindahan alamnya yang masih terjaga.

“Saat ini Gili Trawangan ramai dikunjungi turis karena faktor keramahan penduduknya dan juga kebersihan, jadi alamnya masih bersih,” kata Kepala Desa Gili Indah, H M Taufik, saat meet and gathering dengan media di Resort Quin Villa and Spa, Gili Trawangan, Lombok, Jumat (27/4/2012).

Kebersihan pulau ini memang patut diacungi jempol. Sepanjang mata memandang dan kaki melangkah, Anda tidak akan menemukan sampah selain putihnya pasir. Tidak hanya itu, pulau ini juga memiliki udara yang masih bersih, bebas polusi.

“Di Gili ini, kami tidak memang sengaja menjaga kebersihan udara dari polusi. Bahkan kami melarang digunakannya kendaraan bermotor di sini,” ucap Taufik.

Senja di Gili Trawangan

Ya, kebersihan udara Gili Trawangan memang dijaga oleh seluruh warga dari polusi udara, seperti asap knalpot. Jadi, jangan heran kalau Anda tidak menemukan kendaraan bermotor di pulau ini.

Tidak hanya Gili Trawangan, peraturan dilarangnya kendaraan bermotor juga berlaku di pulau lain yang masuk dalam Desa Gili Indah, yaitu Gili Air dan Gili Meno. Semua melarang demi terjaganya kelestarian alam.

Lalu bagaimana masyarakat Gili bertransportasi? Cidomo dan sepeda jawabannya. Kendaraan bermotor memang dilarang ada di pulau ini, sebagai gantinya cidomo dan sepeda dioperasikan. Cidomo adalah kendaraan dengan tenaga kuda yang mirip dengan delman.

Jadi, bersiaplah untuk mencicipi keindahan alam Gili Trawangan. Tak lupa, nikmatilah berkeliling pulau dengan cidomo atau sepeda. Selamat liburan!

0 comments:

Post a Comment