Wikileaks: Facebook menjual Anda ke pemerintah Amerika Serikat




Wikileaks telah memperkenalkan situs jejaring sosialnya sendiri, yang disebut sebagai pesaing Facebook. Wikileaks menyebut Facebook "menjual data para penggunanya kepada pemerintah Amerika Serikat" dan karena itu harus ditinggalkan.

Adapun FoWL, jejaring sosial buatan Wikileaks yang masih di tahap beta, diluncurkan sebagai alternatif bagi Facebook karena memberikan keamanan lebih baik.

Berikut inilah lima alasan yang dikemukakan Wikileaks mengapa FoWL lebih baik dari Facebook dan mengapa jejaring sosial bikinan Mark Zuckerberg itu pantas ditinggalkan:

Pertama, Facebook merekam semua data dan perilaku Anda di dunia maya lalu menjualnya kepada pemerintah Amerika Serikat dan perusahaan-perusahaan periklanan.

Kedua, Facebook mempertemukan Anda dengan orang sudah Anda kenal. Jadi apa kelebihannya?

Ketiga, Facebook tidak mengenkripsi data-data Anda sehingga mudah diretas. Sebaliknya FoWL memberikan keamanan terenkripsi, menggunakan kriptografi yang sering digunakan oleh militer, sehingga bahkan FoWL tidak mengetahui berapa teman yang Anda miliki dalam jejaring sosial itu.

Keempat, Facebook menyebabkan kecanduan. Sementara FoWL, yang dirancang untuk membangun jaringan yang berisi orang-orang dengan nilai dan gagasan yang sama, dan bukan untuk mengontrol jaringan itu.

Kelima, tidak seperti Facebook yang mudah diterobos, FoWL dirancang untuk membuat orang yang berusaha meretasnya mengalami kerugian yang besar.

0 comments:

Post a Comment