Kota Paling Murah Biaya Hidupnya di Indonesia



Banyak traveler yang mengincar destinasi murah untuk liburan mereka. Selain lebih hemat, Anda juga bisa menyambangi banyak tempat dan mencicipi banyak makanan. Di Indonesia, inilah 5 kota paling murah untuk jalan-jalan.

Siapa yang tidak suka jalan-jalan ke tempat yang murah? Murah biaya hidupnya, transportasinya, makanannya, penginapannya, juga oleh-olehnya. Indonesia adalah salah satu destinasi murah bagi penduduk negara lain, baik Asia sampai Eropa. Lantas, kota apa saja yang paling murah biaya hidupnya di Indonesia?

Kota Paling Murah Biaya Hidupnya di Indonesia
Suasana Solo City Walk

Jawabannya adalah Sibolga (Sumatera Utara), Maumere (Flores), Purwokerto (Jawa Tengah), Solo (Jawa Tengah), dan Cirebon (Jawa Barat). Ini berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik (BPS) soal rata-rata pengeluaran per rumah tangga dan per kapita yang dikutip detikTravel, Kamis (29/11/2012).

Ini adalah data tahun 2007, karena BPS melakukan survei tiap 10 tahun sekali. Kota termurah ke-5 yaitu Cirebon punya pengeluaran rata-rata sebesar Rp 586.014 per bulan. Bayangkan saja, di Kota Udang ini, kebutuhan rumah tangga Anda tak lebih dari Rp 600 ribu per bulannya.

Cirebon makin memesona wisatawan domestik maupun mancanegara. Ini adalah salah satu kota wisata religi di Indonesia, terkait dengan adanya makam dan Masjid Sunan Gunung Jati. Beberapa keraton milik Kasultanan Cirebon juga jadi basis wisata sejarah dan budaya.

Kota Solo menempati posisi ke-4 dengan rata-rata pengeluaran per bulan Rp 576.233. Tak jauh berbeda, pengeluaran bulanan di kota termurah ke-3 se-Indonesia yakni Purwokerto adalah Rp 573.234.

Solo adalah salah satu kota favorit wisatawan di Indonesia selain Yogya. Di kota yang kental dengan budaya Jawa ini, wisatawan bisa mengunjungi beberapa destinasi mulai dari Keraton Surakarta Hardiningrat sampai Pandawa Water Park.

Anda bisa berjalan-jalan pagi atau sore sepanjang Solo City Walk, juga mencicipi aneka kuliner malam hari di Gladag Langen Bogan (Galebo). Agenda liburan murah jadi lengkap dengan belanja batik di Kampung Laweyan dan Kampung Kauman.

Siapa bilang wilayah timur Indonesia identik dengan pengeluaran sehari-hari yang mahal? Buktinya, Kota Maumere di Flores pengeluaran per bulannya hanya Rp 558.459. Ini menjadikan Kota Maumere kota termurah ke-2 di Indonesia. Kota ini terkenal sebagai sentra tenun ikat khas Flores di Desa Sika. Wisatawan bisa melihat proses pembuatannya dan membelinya langsung. Berbaur dengan masyarakat setempat yang ramah, dan belajar budaya setempat.

Lalu, dari Sabang sampai Merauke, kota mana yang paling murah di Indonesia? Jawabannya adalah Kota Sibolga di Sumatera Utara. Per bulannya, rata-rata pengeluaran sehari-hari penduduknya adalah Rp 554.602.

Sibolga terletak di pesisir barat Sumatera, membentang di Teluk Tapian Nauli sekitar 350 Km dari Kota Medan. Ini adalah kota dengan kontur pantai, lereng, dan langsung ke pegunungan.

Di sini, pantai tentu saja jadi suguhan utama bagi wisatawan. Selain itu ada pula Monumen Perjuangan GM Panggabean yang jadi tempat melihat Kota Sibolga dari ketinggian. Beberapa pulau kecil di lepas pantainya menyuguhkan laut yang jernih dan indah, seperti Pulau Situngkus dan Pulau Poncan. Bagi Anda penggemar olahraga diving, bisa mengunjungi Pulau Babi dan Pulau Anjing yang terletak tak jauh dari kedua pulau sebelumnya.

Nah, itulah 5 kota termurah di Indonesia. Traveling ke 5 kota ini tentu saja akan menghemat bujet Anda selama perjalanan. Tinggal pilih saja, kota mana dulu yang mau didatangi selanjutnya?

0 comments:

Post a Comment