15 Topi Paling Khas di Dunia

Topi khas suatu daerah adalah suvenir favorit para traveler. Di dunia ini, ada 15 topi paling unik yang bisa Anda temui saat traveling.

Di beberapa negara, mengenakan topi sudah menjadi kebiasaan bagi penduduknya. Bentuknya pun beragam di tiap negara. Unik sekali untuk diamati. Kalau beruntung, Anda pun bisa memilikinya langsung dengan membeli di toko suvenir.

Penasaran topi unik yang bisa Anda temui jika traveling? Inilah hitung mundur 15 topi paling unik di dunia:

15. Baret

Ini adalah topi yang sudah menjadi bagian bagi kebudayaan Prancis. Topi baret atau beret bisa menjadi sesuatu yang gagah jika digunakan oleh tentara Prancis, tapi menjadi lucu kalau dipakai aktor komedian Prancis. Sebenarnya, beret memiliki bentuk topi yang mirip dengan topi tentara yang sering Anda lihat. Ketika dipakai, posisi topi tampak sedikit miring.

14. Akubra

Topi unik lain yang bisa Anda lihat ada di Australia. Adalah akubra nama topi khas Australia. Akubra lebih mirip seperti topi koboi. Anda pun tidak perlu takut ketinggalan fesyen karena akubra tetap cocok digunakan setiap zaman. Yang mengejutkan, topi ini ternyata anti air dan tahan sinar matahari.

13. Topi koboi

Siapa yang tidak kenal koboi? Pria berkuda yang terkenal hidup di Texas, AS ini selalu sukses membuat para wanita terpana dengan aksinya. Tapi apalah artinya ketampanan koboi jika tidak dilengkapi topi khasnya. Topi yang selalu dikenakan para koboi memang menarik. Bahkan kini, tak perlu jauh-jauh ke texas, para turis bisa dengan mudah menemukan topi koboi di hampir berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

12. Fez

Fez

Topi unik lain datang dari Turki. Negara yang terkenal dengan kebabnya ini punya topi khas yang bernama fez. Fez memiliki bentuk seperti tabung dengan rumbai yang menjuntai di bagian atas. Jika Anda pernah melihat topi Aladdin, ya kurang lebih seperti itulah fez.

11. Greek fisherman's cap

Ini adalah jenis topi yang biasa digunakan John Lennon. Greek fisherman's cap atau topi nelayan Yunani terbuat dari wol. Tak heran, siapa saja yang mengenakan akan merasa hangat.

10. Karakul

Mirip seperti kopiah, karakul menjadi salah satu topi yang selalu dipakai Presiden Afghanistan, Hamid Karzai. Yang membuat karakul berbeda dari kopiah adalah bahan pembuatnya. Karakul terbuat dari bulu domba. 

9. Tam
15 Topi Paling Khas di Dunia
Bob Marley dengan Tam

Nah, kalau ini adalah topi yang biasa dikenakan musisi Bob Marley. Topi ini sebenarnya berakar budaya dari Skotlandia, nyatanya Anda bisa banyak melihat Tam digunakan penduduk Jamaika untuk menahan rambut gimbal. Turis pun bisa melihat dan mendapatkannya ketika di banyak tempat, termasuk ketika traveling ke Jamaika.

8. Sombrero

Penasaran karena namanya yang unik? Sombrero adalah topi khas dari Meksiko. Biasanya, penduduk Meksiko mengenakan sombrero yang lebar untuk menghindari paparan sinar matahari langsung.

7. Turban

Turban mungkin sudah sering Anda lihat. Tidak hanya pria, topi ini juga sering digunakan wanita untuk menutup kepala. Namun, turban sudah menjadi salah satu aksesori yang tidak bisa dilepas bagi pria di India, dan negara-negara di Timur Tengah. Yang membedakan tiap negara adalah bentuk, ukuan dan warna.

6. Rogatywka
15 Topi Paling Khas di Dunia
Rogatywka

Rogatywka adalah topi yang banyak digunakan perwira militer di seluruh dunia. Hanya saja, Polandia punya Rogatywka yang lebih unik. Negara ini membuat variasi topi dengan bentuk kotak.

5. Topi kerucut

Di Indonesia biasanya disebut caping. Topi jenis ini juga bisa Anda temui di banyak negara lain di Asia seperti Thailand dan Vietnam. Sama seperti yang lain, topi kerucut yang terbuat dari bambu ini digunakan untuk mencegah kepala terpapar langsung sinar matahari. Biasanya, digunakan para petani ketika bekerja di sawah.

4. Amish straw hat dan bonnet
15 Topi Paling Khas di Dunia
Topi Bonnet

Amish straw adalah jenis topi yang biasa digunakan hampir 200.000 orang etnis Amish di AS. Biasanya digunakan para pria. Bentuk topi ini mirip dengan caping, hanya saja kalau caping berbentuk kerucut di ujung topi, Amish straw tidak. Sedangkan bonnet adalah topi yang biasa digunakan wanita. Bentuknya seperti topi bayi yang diikat di bagian leher.

3. Topi baseball

Ini juga salah satu topi yang banyak dikenakan masyarakat AS. Topi baseball membuat siapa saja yang mengenakan terlihat santai. Memakainya pun tidak harus pemain baseball. Tua muda bisa dengan mudah mengenakan topi ini.

2. Ushanka

Ushanka adalah topi khas Rusia. Biasa digunakan penduduknya ketika musim dingin tiba, karena bisa memberikan kehangatan. Terlebih, ushanka menutup sempurna kepala hingga telinga. Pemakainya juga tidak akan terlihat ketinggalan zaman karena ushanka fashionable.

1. Bowler
15 Topi Paling Khas di Dunia
Bowler

Topi terakhir yang unik dan bisa turis temukan saat traveling adalah bowler. Bowler adalah topi yang biasa digunakan di Inggris. Bentuknya bulat sempurna. Ini adalah topi yang selalu dikenakan Charlie Chaplin di setiap pertunjukkannya. Khas!

Labels: Budaya, Seni, Unik

Thanks for reading 15 Topi Paling Khas di Dunia . Please share...!

0 Comment for "15 Topi Paling Khas di Dunia "

Back To Top