5 Jenis Kucing Paling Bersahabat dengan Manusia

5 Jenis Kucing Paling Bersahabat dengan Manusia
Meski bukan tipe kucing paling sedap dipandang, Sphynx adalah jenis kucing yang dinilai paling bersahabat dibanding jenis kucing lainnya.

Pernyataan di atas merupakan hasil survei kepada pemilik kucing terhadap sekitar 129 jenis kucing dari 14 ras.

Walau kucing sering diidentikkan sebagai hewan yang tidak jahat, menyendiri, dan kadang jenaka, ternyata, hewan ini tidak sebersahabat yang diperkirakan.

Meski, memang ada jenis-jenis kucing yang dinilai bersahabat dengan manusia. Sphynx, jenis kucing tanpa bulu adalah penempat posisi tertinggi sebagai jenis kucing paling bersahabat dengan manusia.

Jenis kucing lain, dinilai responden sebagai jenis kucing yang sering mengabaikan pemiliknya, menjauh dari belai sayang, serta lari dari orang asing.

Dr Marie Abitbol dari National Veterinary School of Alfort, Paris, Prancis mengungkap, ada perbedaan jelas antara kucing ras murni dengan kucing domestik berbulu pendek. Secara umum, menurut Abitbol, kucing ras murni memang lebih bersahabat dengan manusia dibanding kucing yang bukan keturunan murni jenis tertentu (hasil kawin silang jenis kucing berbeda).

Walau dalam salah satu episode serial komedi Friends pernah diceritakan kucing Sphynx sebagai kucing yang tak bersahabat, namun survei menunjukkan, justru kucing ini yang paling "lengket" kepada manusia.

Diperkirakan, sikap bersahabat kucing Sphynx itu karena ia butuh dekat dengan manusia agar bisa tetap merasa hangat, karena tubuhnya tak memiliki bulu pelindung.

Sementara kucing ras murni lainnya lebih bersahabat karena pengembangbiak jenis-jenis kucing ini cenderung membiarkan anak-anak kucing lebih lama dengan ibunya untuk meningkatkan kemungkinan bertahan hidup di masa kritis awal hidupnya. Alhasil, si kucing-kucing kecil bertumbuh menjadi hewan manja.

Hasil survei mendapati, 5 jenis kucing paling bersahabat dengan manusia adalah:
1. Sphynx
2. Maine Coons
3. Persia
4. Birma, Somali, Siam, Rusian
5. Kucing yang sering ditemukan di sekitar perumahan

Kebersahabatan kucing dinilai dari cara kucing bereaksi dan bertingkah saat memasuki ruang berisi manusia, tingkat seringnya kucing menggosokkan tubuhnya ke manusia, serta tingkah si kucing saat dekat dengan orang asing atau dokter hewan.

Labels: Fauna, Terbaik

Thanks for reading 5 Jenis Kucing Paling Bersahabat dengan Manusia. Please share...!

0 Comment for "5 Jenis Kucing Paling Bersahabat dengan Manusia"

Back To Top