Kandidat Walikota Terbaik di Dunia



Putaran pertama World Mayor Project ini ditutup 17 Mei lalu. Lebih dari 205 ribu orang mengajukan 910 nama untuk ajang bergengsi itu tahun ini hingga terpilih 25 besar. Hingga sejauh ini, sudah 450 ribu suara masuk untuk menentukan kandidat terbaik.

Situs worldmayor.com melaporkan, Senin (3/12), the City Mayors Foundation akan mengumumkan pemenang hari ini. "Hadiah buat pemenang akan diserahkan pada 8 Januari 2013," tulis panitia dalam situs resmi itu.

Berikut lima dari 25 kandidat djagokan.

1. Joko Widodo, Surakarta, Indonesia


Jokowi, sapaan akrab pria kelahiran Kota Surakarta, 52 tahun lalu, ini sejak 15 Oktober lalu menjadi gubernur Ibu Kota Jakarta, setelah sebelumnya menjabat wali kota Surakarta (Solo). Pria lahir 21 Juni 1961 ini merupakan gubernur Jakarta ke-17.

Di bawah kepemimpinannya, Solo mengalami perubahan dan menjadi kajian di universitas luar negeri. Dia mampu merelokasi pedagang barang bekas di Taman Banjarsari hampir tanpa gejolak untuk merevitalisasi fungsi lahan hijau terbuka, memberi syarat kepada investor untuk mau memikirkan kepentingan publik, melakukan komunikasi langsung rutin dan terbuka (disiarkan oleh televisi lokal) dengan masyarakat.

2. Park Wan-su, Changwon City, Korea Selatan

Lelaki 55 tahun ini bergelar profesor untuk bidang administrasi publik di Universitas Kyungnam. Dia telah menulis sejumlah buku tentang sosial kemasyarakatan.

Park terpilih sebagai wali kota pada Juni 2004 dan bertugas penuh sejak Mei 2006. Dia mengaku tidak mengejar popularitas dan bekerja ikhlas. Dia juga berprestasi meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis di Changwon hingga meraih penghargaan CEO terbaik.

Sejak dia terpilih menjadi wali kota, Changwon selama tiga tahun berturut-turut sejak 2005 hingga 2007 dikenal sebagai kota paling sejahtera, ramah lingkungan, dan kota terbaik untuk tempat tinggal di Korea Selatan.

3. Lisa Scaffidi, Perth, Australia
 

Perempuan berambut pirang berusia 52 tahun ini merupakan wali kota wanita pertama di Kota Perth. Dia menduduki jabatan itu pada 2007 menggantikan Peter Nattrass sebelumnya menjabat selama 12 tahun sebagai wali kota terlama.

Dia merupakan ahli gigi lulusan dari Universitas Curtin. Dia sempat menjadi pramugari di Trans Australia Airlines pada 1980. Dia pernah menjabat Direktur Komite Pengembangan Ekonomi Australia (CEDA) lebih dari sepuluh tahun.

4. Ayodele Adebowale Adewale, Amuwo Odofin, Nigeria
 

Lelaki berumur 37 tahun ini menjabat wali kota sejak 30 Oktober 2008. Dia salah satu kandidat termuda dalam World Mayor Prize tahun ini.

Pada 1997, pria kelahiran 19 februari 1975 ini masuk Universitas Lagos jurusan Kimia. Kini dia sedang meneruskan kuliah master jurusan Administrasi Bisnis di kampus itu. Dia mengaku menyukai politik dan berambisi melakukan perubahan sosial.

5. Ron Huldai, Tel Aviv, Israel
 

Lelaki kelahiran 26 Agustus 68 tahun lalu ini merupakan politikus, akademisi, dan mantan pilot pesawat tempur. Kini dia masih menjabat wali kota Tel aviv.

Dia merupakan lulusan Universitas Tel Aviv jurusan Sejarah. Huldai juga anggota Partai Buruh. Dia terpilih sebagai walikota Tel Aviv pada 1998 lalu terpilih lagi pada 2003 dan 2008.

0 comments:

Post a Comment