Pencabut Nyawa Paling Top di Amerika



Adam Lanza, pemuda 20 tahun, pelaku penembakan di Sekolah Dasar Sandy Hook, Kota Newtown, Negara Bagian Connecticut, Amerika Serikat, Jumat pekan lalu, ternyata memang telah merencanakan aksinya dengan matang.

Polisi menemukan sejumlah senjata di lokasi tempat dia menembaki belasan anak SD dan akhirnya menembak mati dirinya sendiri. Dengan senjata-senjata itu dia membunuh 20 anak dan 6 pegawai sekolah setelah membunuh ibunya di rumah.

Di Amerika, warga sipil boleh memiliki senjata api. Bahkan orang bisa membelinya secara sah di beberapa toko senjata resmi melalui Internet. Warga sipil bisa membeli senjata api secara bebas asal sudah punya sertifikat.

Berikut ini lima senjata paling populer yang sering digunakan di Amerika, termasuk digunakan Adam Lanza untuk melancarkan aksi brutalnya.

1. Bushmaster .223


Senjata ini tergolong ringan namun kapasitasnya tinggi. Senapan lazim digunakan polisi dan militer ini sering digunakan untuk kompetisi menembak.

Beberapa model senapan ini bisa berfungsi seperti magazin. Petugas medis di Negara Bagian Connecticut mengatakan seluruh anak dan petugas sekolah ditembak beberapa kali dengan senjata ini dari jarak dekat oleh pelaku Adam Lanza.


2. Glock 10 mm


Senjata ini lebih dikenal versi 9 milimeter dan termasuk senjata ringan. Pistol genggam dengan harga relatif terjangkau ini biasa digunakan untuk latihan menembak target dan melindungi diri pribadi.

Pistol semi-otomatis ini diproduksi sejak 1982. Kelebihan pistol ini adalah desainnya kompak dan nyaman digenggam.


3. AR-15


AR-15 terhitung ringan, yakni hanya memiliki berat 2.27 kilogram buat versi laras menengah sampai 3.9 kilogram tipe laras panjang. Senapan ini didesain oleh Eugene Stoner dan diproduksi pabrik ArmaLite pada 1958.

Boleh dibilang senjata itu adalah saudara kembar M-16. Tetapi lantaran kesulitan keuangan, perusahaan itu akhirnya menjual desain senapan serbu itu kepada pihak lain, yakni Colt, Bushmaster, Rock River Arms, Stag Arms, DPMS, Panther Arms, Olympic Arms, dan masih banyak lagi. Alhasil, senapan itu pun mengalami banyak modifikasi.

AR-15 memiliki ukuran kaliber 0.223 x 5.56. Senapan ini dalam versi otomatis penuh dapat memuntahkan 800 peluru tiap menit dengan kecepatan lontaran proyektil mencapai 975 tiap detik. Jarak tembak efektifnya mencapai 400 sampai 600 meter. Senapan ini menjadi favorit lantaran ringan dan mudah diperbaiki serta dimodifikasi.


4. Remington Model 870


Remington Model 870 buatan pabrik Remington Arms Company. Pengoperasian senjata ini perlu dikokang tiap kali menembak. Biasanya senapan ini dipakai dalam kegiatan berburu, olahraga menembak, atau sebagai pertahanan diri.

Senjata ini juga laris dipakai para penegak hukum dan militer di dunia. Senapan diproduksi sejak 1951 ini tergolong ringan.


5. Sig Sauer 9 mm


Pistol kelas atas semi-otomatis ini memiliki kualitas tinggi dan berharga cukup mahal. Senjata ini cukup ringan dengan bobot 964 gram termasuk amunisi magazin.

Senjata aslinya buatan Jerman dan Swiss ini banyak digunakan elit militer dan polisi.

Labels: Fakta

Thanks for reading Pencabut Nyawa Paling Top di Amerika. Please share...!

0 Comment for "Pencabut Nyawa Paling Top di Amerika"

Back To Top