Handphone Symbian Paling Legendaris

Handphone Symbian Paling Legendaris

Handphone Symbian pernah sangat mendominasi pasar smartphone dunia kala Nokia masih dalam masa kejayaannya. Namun kini, saatnya mengucap selamat tinggal pada sistem operasi mobile legendaris ini.

Nokia sudah memastikan bahwa Handphone 808 PureView yang rilis tahun 2012 adalah model terakhir Symbian. Artinya, tidak ada lagi model Handphone Symbian baru di masa depan.

Symbian menjadi penguasa pasar smartphone dan menyandang ponsel sejuta umat sampai tahun 2011 sebelum dijungkalkan oleh Android. OS ini sudah eksis sejak tahun 1998.

Sudah tentu banyak Handphone Symbian yang berstatus legendaris dan populer pada zamannya. Mana saja? Berikut di antaranya.

1. Nokia N95 (April 2007)


N95 adalah salah satu pencapaian terbaik Nokia pada puncak kejayaannya. Fitur-fiturnya yang lengkap dan mumpuni membuatnya dipuji tinggi dalam berbagai review kala itu.

Kameranya yang berkekuatan 5 megapixel termasuk yang terbaik pada zamannya. Dan juga mampu merekam video dalam kualitas lumayan.

Boleh dibilang, N95 superior di sektor multimedia. Ditambah lagi dengan fasilitas perpetaan yang baik dan kapabilitas game memadai.

2. Nokia E71 (September 2008)

Tahun 2008, ancaman iPhone semakin nyata. Namun Nokia masih mampu berbicara banyak, salah satunya dengan kehadiran Nokia E71.

Dengan balutan material metal dan bodi nan tipis, handset ini memancarkan aura elegan. Ditambah lagi fitur-fiturnya yang mumpuni.

Dengan keyboard yang nyaman, browser web kencang serta support built in Microsoft Exchange, handset ini lumayan dilirik pebisnis dan menjadi rival kuat BlackBerry yang tenar di masa itu.

3. Nokia 3650 (April 2003)


Nokia pada zaman dahulu kerap merilis ponsel dengan bentuk yang tidak umum. Salah satu yang populer dan dianggap revolusioner adalah Nokia 3650.

Keyboardnya saja bergaya melingkar. Sedangkan fitur-fiturnya lumayan dipuji kala itu meski tentu saja sudah menjadi teknologi jadul untuk ukuran sekarang.

Seperti keberadaan kamera resolusi 640x480, perekam video, RealOne Video Player dan browser XHTML. Ponsel ini pun jadi favorit kawula muda.

4. Nokia 808 PureView (Juni 2012)


Symbian sudah sangat redup gaungnya pada tahun 2012. Namun OS ini malah bikin gebrakan karena dipakai sebagai sistem operasi sebuah ponsel dengan kamera monster.

Dengan kamera 41 megapixel, Nokia 808 PureView adalah sebuah gebrakan yang mengejutkan. Boleh dibilang, ini adalah ponsel dengan kamera terbaik sepanjang masa.

Sampai saat inipun, belum ada yang menandingi kapabilitas kamera 808 PureView. Sebuah tanda perpisahan yang manis bagi Symbian.

5. Nokia E90 (Desember 2007)


Seri Communicator pernah menuai popularitas tinggi. Salah satu nama terkenal dalam seri ini adalah Nokia E90.

Handset ini ukurannya jauh lebih portabel dibanding generasi sebelumnya. Dan menampilkan beragam fitur penting sehingga sedikit banyak bisa menggantikan laptop bagi para pebisnis.

Sayangnya saat itu harganya sekitar Rp 10 jutaan. Sehingga hanya kalangan tertentu saja yang bisa membelinya.

6. Nokia 6682 (Juni 2005)



Nokia 6682 ini mencetak hits yang lumayan pada zamannya. Kameranya yang beresolusi 1,3 megapixel sudah cukup memadai pada saat itu.

Ditambah lagi dengan fitur-fitur softwarenya yang melimpah. Misalnya untuk kebutuhan mengakses internet, user bisa menginstall web browser Opera.

Memang bentuk Nokia 6682 cukup gambot dan berat ditenteng. Namun finishing dan materialnya lumayan berkualitas khas Nokia.

7. Nokia N82 (Februari 2008)



Nokia dikenal cukup inovatif dalam soal teknologi kamera di ponselnya. Sepertti yang terdapat dalam Nokia N82 ini.

Nokia N82 adalah salah satu kamera pertama yang menggunakan fasilitas lampu flash sebagai penerangan. Adapun kameranya beresolusi 5 megapixel.

Pada masanya, handset ini bahkan disebut-sebut sebagai perangkat genggam dengan teknologi kamera yang paling berkualitas.

Labels: Teknologi

Thanks for reading Handphone Symbian Paling Legendaris. Please share...!

1 Comment for "Handphone Symbian Paling Legendaris"

HP pertama yang saya pakai adalah HP Nokia dan sampai sekarang masih tetap Nokia. Saya sangat sedih saat Nokia kalah bersaing dg ponsel lain. Btw, terima kasih infonya.

Back To Top