Lagu Paling Berbahaya Didengarkan Sambil Menyetir



Kebanyakan orang suka mendengarkan lagu saat menyetir kendaraannya. Walau mengasyikkan, ada beberapa lagu yang dinilai peneliti berbahaya untuk didengar saat berkendara, salah satunya adalah lagu yang dibawakan Black Eyed Peas yang berjudul Hey Mama, demikian dilaporkan situs jual beli mobil asal Inggris Confused.com

Lagu Paling Berbahaya Didengarkan Sambil Menyetir

Studi ini dilangsungkan dengan 8 partisipan, lelaki dan perempuan yang diminta berkendara sekitar 500 mil. Di setengah perjalanan awal, mereka diminta untuk tidak mendengarkan musik apa pun. Di paruh sisa perjalanan, para pengendara diperbolehkan mendengarkan musik yang mereka inginkan, baik dari genre dance, hip hop, metal, maupun klasik. Selama perjalanan, semua kecepatan, jumlah injakan rem, dan waktu akselerasi masing-masing pengendara dihitung dengan aplikasi ponsel cerdas.

Diketahui dari penelitian, musik memengaruhi cara seseorang menjalankan kendaraannya. Seorang responden perempuan, contohnya, saat dia memasang lagu hip hop, ia menjadi pengendara paling agresif dibanding responden lain, ia menambah kecepatan dan mengerem lebih cepat dibanding pengendara lain.

Sementara lelaki pengendara yang mendengar lagu metal cenderung melesat lebih cepat dibanding responden lain. Uniknya, orang yang memilih lagu klasik, bukannya menyetir lebih tenang --seperti dugaan kebanyakan orang-- justru menyetir sembrono. Menurut perempuan pengendara yang memilih lagu klasik itu, ia merasa tempo yang beraneka ragam membuatnya sakit kepala dan mengalihkan perhatiannya.

Seorang psikolog asal London University, Inggris Dr Simon Moore mengatakan, musik ideal untuk didengarkan sambil menyetir adalah yang temponya sesuai detak jantung manusia, antara 60-80 detakan per menit.

"Bit cepat [dari musik] bisa meningkatkan degup jantung dan mengakibatkan stimulasi yang menyebabkan seseorang lebih berkonstrasi pada musik ketimbang pada jalanan," jelas Dr Moore.

Tempo musik yang cepat, secara alam bawah sadar membuat seseorang ingin menyamakan kecepatan kendaraannya dengan dentum lagu. Kemungkinan besar itulah yang menyebabkan lagu Hey Mama dari Black Eyed Peas menjadi berbahaya karena dentumnya cukup cepat.

"Mendengarkan musik yang Anda tak sukai sembari menyetir juga bisa mengakibatkan stres dan pengalihan perhatian, dan ini berbahaya bagi pengendara dan orang lain di jalan," tambah Dr Moore.

Confused.com juga menyusun daftar lagu yang aman untuk didengar sembari menyetir, yakni:
- Come Away With Me, Norah Jones
- Billionaire, Bruno Mars
- I'm Yours, Jason Mraz
- The Scientist, Coldplay
- Tiny Dancer, Elton John
- Cry Me a River, Justin Timberlake
- I Don't Want to Miss a Thing, Aerosmith
- Karma Police, Radiohead

0 comments:

Post a Comment