Landmark Paling Menakjubkan di Asia



Landmark Paling Menakjubkan di Asia

Landmark merupakan kebanggaan untuk setiap negara di berbagai benua. Benua Asia mempunyai banyak landmark terkenal dan wajib Anda lihat. Apa saja?

Benua Asia memiliki banyak landmark yang tersohor hingga ke seluruh dunia. Berikut adalah 8 landmark di Asia yang paling menakjubkan:

1. Taj Mahal dan Fatehpur Sikri, India

Taj Mahal yang berlokasi di Agra, Uttar Pradesh, India, menjadi landmark yang menakjubkan untuk wisatawan. Meskipun sangat cantik, ada kisah cinta tragis yang tersimpan di balik dinding putihnya. Sebenarnya, Taj Mahal dibuat oleh Kaisar Mughal, Shah Jahan, untuk mengenang mendiang istrinya, Mumtaz Mahal. Konon, 20.000 pekerja yang membangun Taj Mahal dipotong tangannya, supaya tidak ada lagi yang bisa membuat bangunan cantik seperti itu.

Selain Taj Mahal, Agra mempunyai satu ikon lagi yang tak boleh traveler lewati, yaitu Benteng Fatehpur Sikri. Benteng ini berada sekitar 26 km ke sebelah barat Arga dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Taj Mahal. Fatehpur Sikri terdiri atas monumen dan kuil-kuil, dengan arsitektur bergaya Islam dan Hindu. Destinasi ini adalah rumah untuk salah satu masjid terbesar di India, yaitu Jama Masjid.

2. Bukit Cokelat, Filipina

Bagaimana bila Anda datang ke destinasi yang memiliki sekitar 1.260 bukit cokelat? Bukan tidak mungkin, Provinsi Bohol di Filipina memiliki tempat seperti itu. Jangan dulu Anda membayangkan tumpukan cokelat lezat karena ini hanyalah perbukitan cantik dan menjadi salah satu keajaiban paling unik di dunia. Bukit Cokelat namanya.

Bukit-bukit ini memiliki bentuk kerucut yang terlihat simetris, dengan ketinggian 30-120 meter. Waktu terbaik untuk melihat perbukitan ini adalah saat musim kemarau. Pada saat itu, destinasi ini terlihat seperti lautan cokelat. Semua rumput di perbukitannya akan kering dan berubah warna menjadi cokelat.

3. Temple of Heaven, China

Temple of Heaven yang berlokasi di Beijing, China adalah landmark dari budaya China kuno. Kompleks suci ini memiliki kuil megah dan berwarna-warni. Ini adalah bangunan peninggalan Dinasti Ming, pada tahun 1420 Masehi. Bangunan suci ini dibuat sebagai tempat penyembahan atau beribadah. 

Bagian utara bangunan yang berbentuk setengah lingkaran menggambarkan surga. Sedangkan, bagian selatan yang berbentuk persegi dan lebih rendah melambangkan bumi. Temple of Heaven berada di selatan Forbidden City. Di sini terdapat pula Echo Wall sepanjang 193 meter. Dengan teori gelombang suara dua orang yang berdiri di kedua ujungnya, masih bisa berbisik dan mendengar satu sama lain.

4. Halong Bay, Vietnam

Ini adalah sebuah landmark yang terbentuk secara alami. Halong Bay adalah keajaiban alam di Teluk Tonkin, Vietnam. Destinasi ini dihiasi dengan ribuan pulau yang mengapung di atas perairan berwarna hijau zamrud. Pulau-pulau batuan kapur nan indah ini berhiaskan gua-gua yang terbentuk karena angin dan air. Traveler bisa menyewa kayak dan perahu untuk mengelilingi Halong Bay. Inilah teluk paling indah di seluruh Asia.

5. Petra, Yordania

Landmark Paling Menakjubkan di Asia

Berlibur ke Petra di Yordania, maka Anda akan melihat keajaiban dunia yang tergambar dalam film Indiana Jones dan Transformers 2. Kota ini terkenal sebagai kota bersejarah dengan ukiran batu merah yang dibuat oleh Bangsa Nabatea. Bangsa Nabatea adalah pengukir kota kuno paling terkenal di dunia. 

Pada masa itu, Petra juga menjadi pusat perdagangan yang menghubungkan China, India, dan selatan Arab dengan Mesir, Yunani, Roma, dan Suriah. Saat memasuki Kota Petra, batu merah yang menjulang di pinggir jalan menyambut kedatangan wisatawan. Butuh waktu 4-5 hari untuk menjelajahi kota ini.

6. Charyn Canyon, Kazakhstan

Charyn Canyon di Kazakhstan adalah saingan Grand Canyon, Amerika dari Asia. Membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan dari Almaty, untuk sampai di destinasi ini. Indahnya lagi, kalau Anda melihat panorama ngarai berpadu dengan formasi megah dengan dinding merah tanah liat.

Bila menjelajah jauh lebih dalam, Anda akan menemukan mini Grand Canyon. Takjubnya, daerah ini juga dihiasi dengan celah-celah gua dan berbagai macam makhluk hidup. Canyon Charyn yang membentang 200 km, adalah tempat eksotis yang masih sepi dan belum banyak traveler yang tahu keberadaan tempat wisata ini.

7. Batu Caves, Malaysia

Batu Caves atau Gua Batu di Kuala Lumpur, Malaysia adalah bukit kapur dengan gua labirin. Traveler harus siap mendaki sekitar 272 anak tangga untuk melihat keindahan gua ini. Setiap gua di sini, mengambil nama dari Sungai Batu yang mengalir melewati bukit. Daerah yang mengagumkan ini seringkali digunakan untuk festival Hindu dan ziarah.

8. Air terjun Kegon, Jepang

Tenang dan menakjubkan, itulah suasana yang bisa Anda rasakan di air terjun Kegon yang berlokasi di Danau Chuzenji, Nikko National Park, Jepang. Dengan ketinggian hampir 100 meter, membuatnya semakin indah untuk dinikmati. Traveler bisa pergi ke dek observasi untuk melihat seluruh pesona air terjun yang berpadu dengan pegunungan.

Air terjun Kegon, terbentuk dari Sungai Daya yang dibelokan oleh aliran lava. Banyak yang mengatakan, musim gugur dan musim dingin adalah waktu terindah untuk melihat air terjun ini. Pada saat itu, Anda bisa melihat es yang membeku di antara percikan air. Di dekat air terjun ini, Anda juga bisa pergi ke desa kuno.

0 comments:

Post a Comment