Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

Binatang Lautan Yang Paling Mematikan


ubur-ubur kotak

Percayakan anda bila ubur-ubur dinobatkan sebagai makhluk laut yang paling mematikan? Bukan ikan Hiu atau ikan buas lainnya. Tunggu dulu, ubur-ubur yang dimaksud di sini adalah tawon laut atau ubur-ubur kotak.

Tawon laut memiliki bentuk tubuh kotak serta tentakel dengan nematosit, bagian yang kaya akan racun. Racun spesies ini jika diinjeksikan pada manusia bisa menyebabkan paralisis hingga kematian dalam waktu hanya beberapa menit setelah sengatan.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), menyebutkan kalau tawon laut mampu berenang dengan kecepatan 7,4 km/jam, berbeda dengan ubur-ubur lain yang hanya mengikuti arus.

Spesies tawon laut yang paling beracun dari sekian 50 jenis tawon laut yang ada di dunia adalah tawon laut Australia (Chironex fleckeri) yang ditemukan di perairan Indi-Pasifik. Tawon laut yang sekaligus menjadi tawon terbesar di dunia dengan diameter tubuh mencapai 31 cm dan panjang tentakel mencapai 300 cm atau 3 meter.

Selain karakteristiknya yang memiliki kemampuan untuk berenang, tawon laut juga memiliki kluster mata sehingga mampu melihat dan cekatan dalam hal berburu mangsa, utamanya udang dan ikan kecil.

Nah, sekarang percayakah anda?

Labels: Fauna

Thanks for reading Binatang Lautan Yang Paling Mematikan. Please share...!

Back To Top