Gedung Paling Miring Sedunia



Capital Gate Gedung Paling Miring Sedunia

Gedung-gedung pencakar langit yang berdiri tegak tampaknya sudah biasa. Namun, suatu kreativitas lain di luar kebiasaan muncul dari Robert Matthew, Johnson-Marshall & Partners (RMJM), dengan membangun Capital Gate pada 2007 sebagai gedung pencakar langit yang berdiri miring.

Capital Gate adalah gedung pencakar langit miring pertama di dunia. Berlokasi di Abu Dhabi, gedung 35 lantai ini berdiri dengan tingkat kemiringan 18 derajat atau empat kali lebih miring dari menara miring Pisa.

Dengan tingkat kemiringan tersebut, gedung yang dimiliki oleh Abu Dhabi National Exhibition Company ini meraih sertifikat dari Guinness Book of Records pada Juli 2010 sebagai gedung paling miring yang pernah dibangun manusia.

Capital Gate Gedung Paling Miring Sedunia

Agar gedung ini tetap kokoh berdiri, para insinyur menanam 490 tiang pancang dengan kedalaman mencapai 20-30 meter. Menaranya sendiri dibuat dengan dua lapis. Bagian inti menara dibuat berlainan arah dengan inklinasi dan kelurusan gedung.

Capital Gate Gedung Paling Miring Sedunia

Adapun Capital Gate adalah menara pertama di Abu Dhabi yang dibangun dengan diagrid technology. Diagrid technology merupakan konstruksi desain yang digunakan untuk membangun gedung-gedung besar ditopang dengan baja triangular sehingga efek diagonal bisa didapatkan sebuah gedung.

Saat ini, gedung yang dibangun selama lima tahun itu menjadi salah satu landmark terkenal di Abu Dhabi yang berisi perkantoran dan hotel bintang lima.

0 comments:

Post a Comment