Mobil Paling Eksis di Jagat Dunia



Studi terbaru perusahaan analisis sosial, GenSent Insights, menyatakan bahwa Toyota Prius menjadi mobil paling eksis alias terbanyak dibicarakan di jagat internet dengan nilai media mencapai US$14,5 juta (Rp141,7 miliar) selama Januari-April 2013.

Sedangkan Honda Fit harus puas berada di bawah Prius dengan nilai US$4,5 juta. Adapun posisi selanjutnya ditempati oleh Chevrolet Volt yang mencatat US$3,1 juta, Tesla US$3 juta, dan Honda Insight US$2,9 juta.


Perusahaan yang berbasis di New York, Amerika Serikat itu melakukan penelitian dengan menelusuri nilai yang dicapai media online serta ekspos kendaraan hibrida dan listrik murni dengan menggunakan teknologi pelacak bahasa.

Beberapa situs yang menjadi ancuan mereka adalah Facebook, YouTube, Google, dan Twitter. Menurut President GenSent Insights, Don Damore, hasil penelusuran ini memantau percakapan online yang menyebutkan satu merek, model atau topik pembicaraan tertentu.

Dia mencontohkan, ketika presenter Top Gear Jeremy Clarkson menyebut Prius di salah satu twitt-nya Maret lalu. Ucapan itu, kemudian mendongkrak pembicaraan di Twitter sampai 8.371 pengulangan (mention).

Prius juga tercatat mendapatkan 86.000 mention di Twitter. Jumlah ini tiga kali lipat lebih dari model lain yang disebut di Twitter.

Don menambahkan, setiap merek memiliki strategi di online. Misalnya, Honda Insight mencatatkan persentase pembicaraan sampai 96 persen dan Fit 80 persen di situs berbagi video, YouTube. Sedangkan Nissan Leaf mendominasi sampai 94 persen di Twitter.

0 comments:

Post a Comment