5 Merek Produk Mewah Paling Berpengaruh di Dunia



Merek mewah biasanya diburu mereka yang menginginkan keunikan dan perbedaan. Produsen produk pun menyadarinya dan berlomba-lomba mendesain produk yang memberikan rasa banga dan eksklusif bagi konsumen yang biasanya berasal dari masyarakat kelas atas.

Peran penting yang dimainkan desainer kreatif adalah kuncinya. Tanpa mereka, merek satu produk akan kehilangan esensi dan berakibat mempengaruhi popularitas dan pendapatan perusahaan.

Ada beberapa merek yang telah menguasai konsep ini sejak mereka berdiri hingga peluncuran produk barunya di hari ini. Akibatnya, mereka memberikan pengaruh besar dalam dunia fashion dan budaya pop.

Sebuah fakta yang menakjubkan adalah semua merek tersebut telah melalui perjalanan panjang dan tetap tangguh seiring berjalannya waktu. Berikut 5 merek produk paling berpengaruh di dunia:

1. Gucci


Ini merupakan merek terkenal yang telah mengalami masa jaya dan penurunan di industri fashion.

Sebuah momen penting terjadi di awal tahun 90-an ketika merek ini mengalami keredupan. Kala itu Keluarga Gucci terlibat dalam penggelapan pajak dan skandal pembunuhan yang benar-benar mencemari citra bisnisnya.

Tom Ford kemudian masuk menjadi bagian perusahaan ini untuk menyelamatkan situasi dan pada 1994, kondisi pun berbalik.

Gucci merilis koleksi yang membuat mata dunia membelalak. Selebriti seperti Madonna dan Kate Moss bangga memakai merek ini. Gucci akhirnya mampu meraup pendapatan hingga US$ 10 miliar pada 2004 dan Tom Ford pun meninggalkannya untuk memulai pembuatan merek sendiri.

2. Lanvin


Meskipun Lanvin merupakan merek lama asal Perancis, kehadirannya tidak cukup dominan sebelum tahun 2001. Alber Elbaz mampu membuat Lanvin lebih menarik dan aksinya itu berhasil.

Pada tahun 2006, merek ini mampu menarik perhatian internasional ketika Michelle Obama menjadi berita utama karena memakai Sneakers Lanvin seharga US$ 540.

Pesohor penggemar Lanvin lainnya seperti Julianne Moore, Sofia Coppola, Anna Wintour dan Natalie Portman. Sejak 2010, ia telah menjadi salah satu yang paling dicari dalam deretan merek-merek mewah di dunia.

3. Balenciaga


Merek ini didirikan pada tahun 1914. Bahkan Perang Dunia II tidak bisa menghentikan penggemar fanatiknya yag rela bepergian ke Eropa untuk melihat koleksi runway Balenciaga.

Pada tahun 60-an, Balenciaga ditutup selama hampir 16 tahun. Kemudian dibuka kembali pada 1986 tapi tidak sampai lama sebab pada 1997, merek ini kembali kehilangan kemilau ketenarannya.

Otak kreatif di balik produk Balenciaga adalah desainer Nicolas Ghesquiere. Pesohor yang jatuh cinta pada produk ini seperti Nicole Kidman. Bahkan Kristen Stewart didapuk menjadi model ikon Balenciaga.

4. Louis Vuitton



Louis Vuitton merupakan merek terkenal yang telah ada selama lebih dari satu abad. Meskipun telah meraup keuntungan besar di tahun 80-an dan 90-an, perusahaan merek ini harus berubah.

Marc Jacobs menawarkan hal yang benar-benar fresh bagi Louis Vuitton. Saat masih menjabat sebagai Direktur Kreatif pada 1997, ia meluncurkan koleksi yang luar biasa kreatif bagi sebuah merek dan belum pernah disaksikan sebelumnya.

Bahkan merek ini masuk menjadi bagian desain budaya jalanan dan menjadikan merek ini menjadi salah satu yang paling berpengaruh dalam budaya pop. Selebriti seperti Kanye West dan Pangeran Richard terlihat mengenakan merek ini di banyak kesempatan.

5. Christian Dior



Merek produk ini diluncurkan tak lama setelah Perang Dunia II dan berhasil menghidupkan suasana industri fashion yang tegang selama perang.

Deretan selebriti Hollywood menjadi pemuja desain merek ini sampai tahun 50-an. Sayangnya Hype meninggal saat lini parfum Christian Dior dirilis.

Pada tahun 60-an, setelah kematian sang pendiri, Yves Saint Laurent diangkat sebagai Direktur Kreatif. Jenius lain yang juga memainkan peran penting di merek adalah Hedi Silmane.

Ia kemudian digantikan desainer berbakat lainnya, Kris Van Assche pada tahun 2007. Merek telini pun semakin kuat seiring waktu.

Labels: Budaya, Peralatan, Terbaik

Thanks for reading 5 Merek Produk Mewah Paling Berpengaruh di Dunia. Please share...!

0 Comment for "5 Merek Produk Mewah Paling Berpengaruh di Dunia"

Back To Top