7 Kota Paling Tua dan Paling Bersejarah di Dunia




Kota tua adalah sebuah warisan budaya kuno. Mereka menunjukkan adanya tradisi dan peradaban kuno manusia. Kota tua berikut masih menarik dan sering dikunjungi karena dapat menceritakan sejarah dan kehidupan masa lalu.

Belum lagi banyaknya pemandangan dan bangunan cantik yang masih kokoh hingga ribuan tahun. Berikut kota tertua di dunia.

1. Damaskus, Suriah



Diyakini salah satu kota tertua di dunia, Damaskus disebut sebagai Ibukota budaya Arab. Kota ini terus dihuni dan menghubungkan ke setiap peradaban. Damaskus sudah dihuni sejak 11.000 tahun yang lalu. Di kota tersebut ada masjid terkenal, yakni Masjid Umayyad atau Masjid Agung Damaskus yang menjadi salah satu masjid tertua di dunia.

2. Athena, Yunani


Kota ini dihuni selama lebih dari 7.000 tahun dan disebut sebagai awal dari peradaban Barat. Kini Athena menjadi kota metropolis yang terkenal dan dengan ikon patung Aristoteles. Salah satu seni yang paling populer adalah Akropolis dan menjadi salah satu bukti seni Yunani klasik.

3. Plovdiv, Bulgaria



Masih dianggap sebagai kota terbesar kedua di Bulgaria. Plovdiv lebih tua dari Roma, Kartagoa tau Konstantinopel.Kota ini sudah berdiri sejak 6.000 tahun dan merupakan pusat ekonomi, pendidikan dan budaya penting Bulgaria.

4. Rayy, Iran



Diduduki oleh sejumlah besar Zoroastrianisme, yakni ajaran filosofi yang didasari oleh ajaran Zarathustra yang dalam bahasa Yunani disebut Zoroaster. Rayy sudah dihuni manusia selama 5.000-6.000 tahun. Kota ini dulunya bernama Rhogee dan letaknya dekat Teheran. Hingga sekarang masih berdiri kokoh kastil Gebri yang berusia lebih dari 3.000 tahun.

5. Yerusalem, Israel



Kota kuno ini muncul sekitar 4.000-5.000 tahun yang lalu. Yerusalem memiliki getaran spiritualitas karena terdapat banyak situs suci umat muslim, nasrani dan yahudi. Kota tua Yerusalem terbagi menjadi empat distrik yakni Yahudi, Kristen, muslim, dan Armenia.

6. Luoyang, China



Kota ini adalah kota tertua di Asia yang akan dihuni oleh populasi manusia. Luoyang terletak di wilayah dataran Tengah. Kota ini disebut pusat geografis China kuno seperti itu terletak antara sungai Luo dan Yi. Selain itu Luoyang menjadi pusat penting dari kebudayaan dan ilmu pengetahuan.

7. Varanasi, India



Kota-kota suci Hindu, seperti Varanasi adalah kota tertua India. Kota tersebut telah ditempati selama hampir 3.000 tahun hingga sekarang. Terletak di tepi sungai Gangga, dan menjadi situs penting ziarah. Varanasi juga disebut kota Benares telah menghasilkan banyak musisi, filsuf dan pujangga terkenal dalam sejarah India.

Kota tua tersebut membuktikan adanya peradaban manusia sejak ribuan tahun lalu.

Labels: Budaya, Cakrawala, Legenda

Thanks for reading 7 Kota Paling Tua dan Paling Bersejarah di Dunia. Please share...!

0 Comment for "7 Kota Paling Tua dan Paling Bersejarah di Dunia"

Back To Top