Mobil Polisi Paling Eksklusif di Dunia



Bila mobil patroli polisi hanya model lawas Ford Crown Victoria, pengemudi yang melakukan pelanggaran lalu lintas bisa kabur dengan mudah, tanpa takut terkejar. Tapi, saat ini beberapa negara sudah punya mobil patroli yang lebih hebat yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di jalan.

Berikut ini contoh konkret mobil-mobil khusus yang disiapkan sebagai mobil kepolisian di beberapa belahan dunia. Model ini berbeda dari kendaraan polisi biasa yang digunakan sebagai kendaraan patroli. Mau tahu mobil polisi apa saja yang paling menarik ada di dunia?

Brabus
Brabus Mercedes G63 AMG. Sport Utility Vehicle (SUV) hasil kreasi rumah modifikasi Brabus ini digunakan sebagai mobil patroli Kepolisian Dubai, Uni Emirat Arab. Diciptakan dari basis Mercedes-Benz G63 AMG, yang dibekali mesin V8 turbo ganda, menghasilkan tenaga hingga 700 tk dan torsi 959,9 Nm.

Mobil ini bisa dikebut 0-100 kpj hanya dalam 4,9 detik. Selain mesin, tampilan mobil ini juga telihat lebih garang, dengan pelek 23 inchi, dan tanduk baja.

Selain Brabus, Kepolisian Dubai memang dikenal cukup eksotis ketika memilih mobil patrolinya. Dalam kesatuan, mereka juga punya beberapa koleksi lain, seperti Aston Martin One-77 dan Bugatti Veyron sebagai mobil patroli lain.

Lamborghini Huracan
Mobil polisi eksotis kedua datang dari Kepolisian Pusat Italia yang memilih Lamborghini Huracan sebagai salah satu mobil patrolinya. Supercar ini dipilih untuk menggantikan model sebelumnya, Gallardo yang juga pensiun.

Huracan menawarkan tenaga hingga 610 tk, diperoleh dari mesin 5,2 liter V10, mampu dikebut hingga kecepatan maksimum 325,08 kpj. Mobil sport eksotis juga mengalami sedikit modifikasi khusus seperti tempat penyimpan senjata api, perlengkapan radio, dan tanda berhenti.

Berbeda dengan negara lain yang punya mobil maskot hanya untuk acara khusus, Kepolisian Italia benar-benar menggunakan Huracan ini sebagai mobil patroli. Mobil sebelumnya sudah diajak patroli di jalan-jalan utama Italia hingga 109.435,3 km sejak digunakan 2009. Sementara Gallardo sebelumnya sudah pensiun di angka 140.012,9 km. Selama digunakan, kedua mobil itu sama sekali tidak pernah mengalami servis besar.

Ariel Atom PL1
Mobil polisi ketiga ini bisa dibilang paling tidak lazim dari dua mobil eksotis sebelumnya, yakni Ariel Atom PL1. Mobil balap ini dibekali mesin supercharged empat silinder dari Honda, menghasilkan tenaga 350 tk. Kecepatan 0-100 kpj bisa dicapai cuma dalam 2,5 detik. Bahkan Chevy Camaro saja tidak bisa mengalahkan akselerasi mobil ini!

Ariel Atom PL1 dipilih Kepolisian lokal Avon dan Somerset Constabulary di Inggris. Mobil ini disiapkan bukan untuk patroli, melainkan untuk mendorong kampanye keselamatan di jalan. Terutama mengurangi kematian pengguna sepeda motor di jalan. Arial Motor Company, produsen Atom berkantor pusat di Somerset, di mana tingkat fatalitas pengendara sepeda motor naik 30 persen dalam lima bulan pertama 2014.

0 comments:

Post a Comment