Tempat Paling Ekstrim di Dunia

Apakah anda tahu bahwa tempat tertinggi di dunia bukanlah puncak Everest? dan tempat terpanas di dunia juga bukanlah Al Azizyah ... Berikut tempat-tempat paling ekstrim di dunia.

Mount Pinatubo
Letusan gunung terbesar yang pernah direkam manusia

Letusan Gunung Pinatubo pada tahun 1991 dianggap ledakan terbesar di dunia yang pernah direkam dengan 10 kilometer kubik magma dan material piroklastik. Gunung berapi ini terletak di pulau Luzon di Filipina di persimpangan perbatasan Zambales, Tarlac, dan Pampanga. Gunung Pinatubo dianggap tidak aktif selama lebih dari 600 tahun.

Mt. Chimborazo (Ecuador)

Puncak tertinggi dari pusat bumi

Tidak banyak orang yang tahu tentang Gunung Chimborazo di Ekuador dengan ketinggian 6.310 meter (20.703 kaki), jauh lebih rendah dari Gunung Everest yang punya ketinggian 8,848 meters (29,028 feet) jika diukur dari permukaan laut. Namun Chimborazo menjadi gunung tertinggi apabila diukur dari pusat bumi. Hal ini karena Bumi tidak bulat seperti bola. Karena tidak bulatnya itu, jarak terjauh dari pusat bumi adalah daerah khatulistiwa. Chimborazo hanya satu derajat sebelah selatan khatulistiwa bumi dan pada lokasi itu tingginya adalah 6.384 kilometer dari pusat Bumi atau sekitar 2 kilometer lebih tinggi dibandingkan Gunung Everest.

Angels Falls (Venezuela)

Air Terjun Tertinggi

Angel Falls (Salto Ángel) di Venezuela adalah air terjun tertinggi di dunia. Dengan tinggi 3230 meter dan penurunan yang terputus 2647 kaki. Air Terjun Angel terletak di aliran sungai Caroni . Air terjun terbentuk ketika aliran sungai jatuh dari puncak Auyantepui,

Lut Desert (Iran)

Tempat terpanas di dunia

Ada perdebatan besar tentang tempat terpanas di bumi. Banyak yang percaya di Al Azizyah, Libya, dengan suhu tercatat 136 derajat Fahrenheit (57,8 derajat celcius), dan tempat terpanas kedua berada di Death Valley, California, Amerika Serikat, di sana pernah mencapai 134 Fahrenheit pada tahun 1913. Tetapi menurut situs lain, satelit NASA mencatat suhu permukaan setinggi 71 ° C (159 ° F) di gurun Luth Iran, konon suhu terpanas yang pernah tercatat di permukaan Bumi. Daerah ini, yang meliputi wilayah sekitar 480 kilometer, disebut Gandom Beriyan (gandum panggang).

Mount Thor (Canada)

Vertical Drop terbesar di dunia

Gunung Thor, di Auyuittuq Taman Nasional di Pulau Baffin, Nunavut, Kanada, menyajikan penurunan vertikal 4.100 kaki. Mt. Thor adalah puncak paling terkenal di Kanada, dan murni terbuat dari granit. Gunung Ini favorit para pencari sensasi dan pendaki. Gunung Thor pertama kali didaki pada tahun 1953 oleh tim Institut Kutub Utara, Amerika Utara. Telah ada beberapa ekspedisi setelah itu, dengan satu kematian pada tahun 2006.

Amazon Rainforest

Hutan Hujan terbesar

Dengan luas sekitar 5.500.000 km2, Rainforest Amazon di Amerika Selatan adalah Rainforest terbesar di dunia. Hutan Amazon mewakili lebih dari setengah hutan hujan yang tersisa di planet ini. Hutan ini juga merupakan hutan hujan dengan spesies paling kaya di dunia. Hal ini juga dikenal sebagai Amazonia atau hutan Amazon. Sebagian besar hutan berada di Brasil. Sebagian lagi di Peru dan sejumlah kecil dibagi oleh Kolombia, Venezuela, Bolivia, Guyana, Suriname, Ekuador dan Guyana Prancis.

Lake Baikal


Danau Baikal yang terletak di Rusia tidak hanya danau air tawar terdalam di dunia tetapi juga tertua di dunia dan danau air tawar yang paling luas. Danau Baikal mempunyai kedalaman 1.642 meter dan diperkirakan berusia 25 juta tahun. Danau Ini berisi sekitar 20% air permukaan yang segar di dunia.

The Dry Valleys (Antarctica)

Daerah terkering di dunia

Satu wilayah bagian dalam Antartika dikenal sebagai lembah-lembah kering. Belum terlihat curah hujan di lembah-lembah ini selama lebih dari dua juta tahun. Dengan pengecualian satu lembah, yg memiliki danau yang secara singkat diisi air oleh sungai-sungai yang mengalir di daratan selama musim panas, Lembah Kering tidak mengandung uap air (air, es, atau salju). Alasan mengapa terjadi lembah kering adalah angin katabatik 200 mph yang menguapkan semua kelembaban. Lembah-lembah kering yang aneh: hanya terdapat bebatuan terjal, mereka satu-satunya bagian benua Antartika tanpa es. Terletak di Range Trans-Antartika, mereka terhubung dengan daerah pegunungan di mana penguapan (atau lebih tepatnya, sublimasi) lebih penting daripada hujan salju, sehingga semua es menghilang, meninggalkan lahan tandus yang kering.

Ushuaia – World’s Southernmost City


Kota Ushuaia di Argentina adalah kota paling selatan di dunia. Iibukota Tierra del Fuego ini terletak di sebuah teluk yang luas di pantai selatan pulau Tierra del Fuego dengan populasi sekitar 64.000 orang dan luas 9.390 km2.

Cox’s Bazar

Pantai Terpanjang di dunia

Membentang sepanjang 125 kilometer, Cox Bazar dianggap sebagai pantai terpanjang di dunia. Pantai ini dikenal sebagai pantai berpasir yang luas yang diyakini sebagai pantai berpasir alami terpanjang di dunia dan cukup landai. Cox Bazar mulai menjadi salah satu tujuan wisata yang paling dikunjungi di Bangladesh dan akhirnya menjadi tujuan wisata kelas dunia.

Ganges Delta – Largest Delta


Delta Sungai Gangga (juga disebut Delta Sunderbhan - Delta Benggala) ialah delta sungai di Asia Selatan, khususnya di kawasan Benggala yang terdiri atas kawasan Bangladesh dan negara bagian Benggala Barat, India. Delta Sungai Gangga merupakan delta terbesar di dunia, dan bermuara ke Teluk Benggala. Kawasan ini juga merupakan salah satu daerah tersubur di dunia, sehingga dinamai Delta Hijau. Delta itu, juga dikenal sebagai Delta Gangga-Brahmaputra, membentang dari Sungai Hugli di barat ke Sungai Meghna di timur. Delta Sungai Gangga terbentang sekitar 350 km menyeberangi Teluk Benggala. Kolkata dan Haldia di India dan Mongla di Bangladesh merupakan pelabuhan laut utama di delta ini. Delta Sungai Gangga muncul sebagai tempat pertemuan Sungai Padma (Gangga Hilir), Jamuna (Brahmaputra Hilir) dan Meghna.

Cherrapunji (India)

Tempat terbasah di dunia

Cherrapunji, Utara-Timur India diperkirakan selama bertahun-tahun menjadi tempat paling basah di dunia. Dengan rata-rata 10.820 mm hujan turun dalam setahun. Tidak seperti Kolombia dimana hujan turun sepanjang tahun, Cherrapunji mendapatkan sebagian besar hujan selama musim 'monsun barat', atau musim hujan, antara bulan Juni dan Agustus.Cherrapunji memegang rekor untuk bulan terbasah yang pernah tercatat, rekaman pada Juli 1861 adalah 9.296 mm. Sebenarnya, antara 1860 dan 1862 Cherrapunji sangat basah; antara 1 Agustus 1860 dan 31 Juli 1861 (overlaping dari 2 musim basah) 26.467 mm hujan turun. Pada tahun 1861, 22.987mm hujan turun , dan 22.454mm nya jatuh antara bulan April dan September.

Khumbu Glacier

Gletsyer Tertinggi

Khumbu Glacier, pada ketinggian 7.600 m sampai 8.000 m, di lereng barat daya dari Gunung Everest di Nepal adalah gletser tertinggi di dunia. Gletser terletak di wilayah Khumbu timur laut Nepal.

Oymyakon (Russia)

Tempat terdingin yang dihuni manusia

Oymyakon adalah sebuah desa di Oymyakonsky Ulus dari Republik Sakha, Rusia, terletak di sepanjang Sungai Indigirka, 30 kilometer (20 mil) barat laut Tomtor di Highway Kolyma. Populasinya 800 orang. Oymyakon dikenal sebagai salah satu kandidat Kutub Utara, karena pada tanggal 26 Januari, 1926 suhu mencapai -71,2 ° C (-96,2 ° F) di sana. Ini adalah suhu terendah yang pernah tercatat untuk sebuah lokasi di Bumi yang dihuni secara permanen. Ini juga merupakan suhu terendah yang tercatat di belahan bumi Utara. Tapi Suhu terendah yang pernah tercatat di bumi adalah -129 ° F pada tahun 1983, di Basis penelitian Rusia di Vostok Antartika.

Sundarbans

Hutan Mangrove terbesar di dunia

Hutan mangrove terbesar di dunia adalah Sundarbans. Ini adalah blok tunggal hutan mangrove halophytic pasang surut terbesar di dunia. Dan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Hutan ini berada di wilayah Banglades dan india. Luas Hutan meliputi 10.000 km2 dimana sekitar 6.000 km2 adalah wilayah Bangladesh.

Tristan de Cunha (UK)

Daerah berpenghuni terjauh dari manapun

Pulau yang berada di selatan Samudra Atlantik, 2.816 km dari Afrika Selatan dan 3.360 km dari Amerika Selatan. ini amat sangat terisolir dari dunia luar. Dikeliling oleh pegunungan dan laut membuat akses ke pulau ini sangat sulit. Belum lagi karakter alam yang sulit, seperti angin yang keras. Pulau yang berada dalam kedaulatan Saint Helena, Inggris , hanya memiliki penduduk 272 orang. Pulau ini ditemukan oleh pelaut Portugis Ilha de Tristão da Cunha tahun 1506, karenanya diberi nama sesuai dengan nama pelaut itu. Begitu terisolasinya pulau ini, sampai sampai satu satunya alat transportasi untuk mencapai pulau ini adalah perahu karena tidak ada landasan pesawat di sana. Yang juga menjadi masalah adalah adanya penyakit genetic yang diduga terjadi karena perkawinan antar-saudara. Hal ini karena dilarangnya pendatang tinggal di sini.

Sierra Nevada de Santa Marta – Highest Coastal Range


Kisaran (range) pesisir tertinggi di dunia dengan ketinggian lebih dari 5.700 meter di atas permukaan laut adalah Sierra Nevada de Santa Marta atau Pegunungan Snowy Saint Martha. Ini adalah pegunungan terisolasi terlepas dari rantai pegunungan Andes dan membentang melalui Kolombia. Sierra Nevada meliputi sekitar 17.000 km ² dan berfungsi sebagai sumber dari 36 sungai.

Palung Mariana: Tempat terdalam di bumi

Salah satu pulau di kepulauan Mariana

Palung Mariana atau Palung Marianas adalah palung yang paling dalam yang diketahui, dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi. Dia terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepualauan Mariana di 11° 21' Utara latitude dan 142° 12' Timur longitude, dekat juga dengan Jepang. Palung ini merupakan batasan di mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina. Dasar dari palung ini jauh di bawah permukaan laut lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut. Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.911 meter (35.798 kaki) di bawah permukaan laut. Kalau dihitung menurut latitudenya dan "equatorial bulge" Bumi, ia berada 6.366,4 km dari pusat Bumi. Samudra Arktik, di sisi lain, dengan kedalaman 4 km, memiliki jarak dasar laut dengan pusat bumi sebesar ~6.352,8 km, 13,6 km lebih dekat. Di dasar Palung Mariana, air memberikan tekanan sebesar 1.086 bar (108 MPa atau 15.751 psi) atau sama dengan 8 ton beban menindih anda.

Dead Sea (Jordan)


Laut Mati adalah elevasi terendah di permukaan bumi pada lahan kering (dry land), permukaan dan pantai laut mati adalah 422 meter (1.385 kaki) di bawah permukaan laut. Terletak di perbatasan Yordania dan Israel, jalan raya di sekitar Laut Mati juga menjadi jalan terendah di Bumi. Laut Mati Terkenal karena salinitasnya (lebih dari sepuluh kali dari Laut Mediterania), Laut Mati dikatakan menjadi rumah bagi pusat kesehatan pertama di masa lalu. Karena kandungan garam yang ekstrem, tidak ada kehidupan dapat bertahan hidup di laut ini, dari sinilah laut ini mendapatkan namanya.

Berikut adalah daftar titik-titik paling ekstrim di dunia:
  • Titik yang terletak paling utara di dunia adalah kutub utara di Samudra Arktik.
  • Titik yang terletak paling utara di daratan adalah pulau Kaffeklubben, sebelah timur Greenland (83°40′).
  • Titik yang terletak paling selatan di dunia dan juga merupakan titik paling selatan di daratan adalah kutub selatan di benua Antartika.
  • Titik yang terletak paling barat di daratan menurut garis penanggalan internasional adalah pulau Attu di Alaska.
  • Titik yang terletak paling timur di daratan menurut garis penanggalan internasional adalah pulau Caroline di Kiribati.
  • Titik terdekat dengan matahari dan terpanas gurun sahara.
Ketinggian dan kedalaman
  • Titik tertinggi adalah puncak Everest setinggi 8.850 m (29.035 kaki) diatas permukaan laut.
  • Titik terendah adalah Challenger Deep di Palung Mariana 200 mil dari Guam di Samudra Pasifik sedalam 10.911 m (36.198 kaki) di bawah laut.
  • Titik terendah di daratan adalah permukaan Laut Mati di Israel Yordania, 417 m (1.349 kaki) di bawah permukaan laut.
  • Titik terjauh dari pusat bumi adalah puncak Chimborazo sejauh 6384,4 km (dikarenakan bentuk bumi yang tidak bulat sempurna). Puncak Everest hanya sejauh 6382,3 km dari pusat bumi.
  • Titik terdekat dari pusat bumi kemungkinan adalah titik tertentu di dasar samudra Artik dekat kutub utara sejauh 6353 km. (dasar palung Mariana hanya sejauh 6366.4 dari pusat bumi).
  • Daratan dengan ketinggian rata-rata tertinggi adalah benua Antartika dengan ketinggian rata-rata 2.300 m (7.544 kaki) di atas permukaan laut.
Terjauh
  • Titik di daratan yang merupakan titik terjauh dari lautan adalah 320 km dari kota Urumqi di daerah otonomi Xinjiang di Republik Rakyat Cina pada 46°16.8′ LU 86°40.2′ BT. (sekitar gurun Dzoosotoyn Elisen). Posisi ini adalah garis lurus sejauh 2648 km dari garis pantai terdekat.
  • Titik di lautan yang merupakan titik terjauh dari daratan disebut titik Nemo berada di Samudra Pasifik pada koordinat 48° LS 125° BB yaitu sejauh kurang lebih 2670 km dari daratan terdekat. Berada di tengah-tengah wilayah lautan seluas 22.420.000 km². Wilayah ini lebih luas dari keseluruhan wilayah bekas Uni Sovyet.
  • Pulau yang paling terpencil adalah Pulau Bouvet yaitu pulau yang tidak berpenghuni yang merupakan wilayah Norwegia yang berada di koordinat 54°26′ LS 3°24′ BT. Daratan terdekat merupakan daerah tidak berpenghuni Queen Maud di Antartika sekitar 1.600 km sebelah selatan.
  • Kepulauan yang paling terpencil terdiri atas Pulau Paskah dan Isla Sala y Gómez berjarak sekitar 480 km satu sama lain. Berada sejauh 2.250 km sebelah barat laut Kepulauan Pitcairn dan 3.300 km dari pantai barat Chili.
Suhu
  • Suhu tertinggi dicatat oleh stasiun meteorologi di El Azizia, Sahara pada tanggal 13 September 1922 berada pada 57.8 °C (136 °F). Suhu tertinggi sebelumnya yaitu pada 56.7 °C (134 °F) berada di Death Valley, California pada tanggal 10 Juli 1913. Dari 6 Juli sampai dengan 17 Agustus 1917 selama 43 hari berturut-turut suhu di Death Valley berada di atas 48 °C (120° F).
  • Suhu terendah yaitu pada -89.2 °C (-128.6 °F) berada di Vostok, Antartika pada 21 Juli 1983
  • Titik terbasah berada di Cherrapunji, Bangladesh berada di ketinggian 1.290 m di atas permukaan laut menerima curah hujan rata-rata per tahun sebesar 1270 cm.
  • Titik terkering berada di gurun pasir Atacama, Chili yang hanya menerima curah hujan rata-rata per tahun sebesar 0.01 cm. Beberapa lokasi di gurun Atacama malah tidak pernah turun hujan selama 400 tahun!
Geografis lainnya
  • Danau terluas di dunia adalah Laut Kaspia di Azerbaijan – Rusia – Kazakhstan – Turkmenistan – Iran seluas 394.299 km² (152.239 mil²).
  • Danau terdalam di dunia adalah danau Baikal di Rusia memiliki kedalaman 1.637 meter.
  • Danau tertinggi di dunia adalah danau Titicaca di Peru yang berada pada ketinggian 12.500 kaki di atas permukaan laut.
  • Laut terbesar adalah laut Mediterania yang memiliki luas 1.144.800 mil².
  • Samudra terdalam adalah Samudra Pasifik yang memiliki kedalaman rata-rata 13.215 kaki.
  • Samudra terbesar adalah Samudra Pasifik yang memiliki luas 60.060.700 mil².
  • Samudra terkecil adalah Samudra Arktik yang hanya memiliki luas 5.427.000 mil².
  • Teluk terbesar adalah Teluk Meksiko yang memiliki luas 615.000 mil².
  • Sungai terpanjang adalah sungai Nil di Afrika sepanjang 6.690 km (4.180 mil).
  • Sungai terpendek adalah sungai Roe di Montana, Amerika Serikat yang hanya sepanjang 200 kaki.
  • Sungai terbesar adalah sungai Amazon dengan luas 2.500.000 mil².
  • Gurun subtropis terluas adalah gurun Sahara di Maroko – Sahara Barat – Aljazair – Tunisia – Libya – Mesir – Mauritania – Mali – Niger – Chad – Ethiopia – Eritrea – Somalia seluas 3.5 juta mil².
Benua, Pulau dan Negara
  • Benua terbesar adalah benua Asia dengan luas 44.579.000 km² (17.212.000 mil².
  • Benua terkecil adalah benua Australia dengan luas 3.132.000 mil².
  • Negara terluas adalah Rusia seluas 17.075.400 km².
  • Negara terkecil adalah Vatikan yang hanya seluas 0.44 km².
  • Negara dengan garis perbatasan di daratan terpanjang adalah Republik Rakyat Cina yang memiliki garis perbatasan sejauh 22.117 km.
  • Negara dengan jumlah negara yang berbatasan langsung terbanyak adalah Republik Rakyat Cina yang berbatasan dengan 14 negara tetangga.
  • Perbatasan antara 2 negara terpanjang adalah perbatasan antara Kanada dan Amerika Serikat sejauh 8.891 km.
  • Gunung terbesar adalah Mauna Loa di Hawaii. Hanya 4.100 m (13.448 kaki) dari gunung tersebut berada di atas permukaan laut. Tetapi apabila diukur dari dasar laut, ketinggian Mauna Loa melebihi Everest kurang lebih 3/4 mil. Mauna Loa mempunyai volume sebesar 15.520 km³ (9.700 miles³).
  • Gelombang laut tertinggi terjadi pada 9 Juli 1958 di Teluk Lituya, Alaska ketika sebuah gempa besar menimbulkan longsor besar di teluk Lituya menimbulkan gelombang setinggi 524 m (1.720 kaki).
  • Kecepatan angin tertinggi terjadi di Belgrano II, wilayah Argentina di Antartika pada kecepatan 351 km/h.
  • Negara dengan garis pantai terpanjang adalah Kanada dengan 243.792 km (termasuk garis pantai dari 52.455 pulau-pulau di Kanada).
  • Pulau terbesar adalah pulau Greenland yang memiliki luas 839.999 mil².
  • Semenanjung terbesar adalah Semenanjung Arabia yang memiliki luas 1.250.000 mil².
  • Kepulauan terbesar adalah negara kepulauan Indonesia yang memiliki 17.000 pulau dalam bentang 3.500 mil.
  • Gugus pegunungan terpanjang adalah pegunungan Andes di Amerika selatan yang membentang sejauh 5.000 mil.
  • Air terjun tertinggi adalah Angel Falls di Venezuela yang memiliki ketinggian 3.212 kaki. (Lihat daftar lengkapnya).
  • Laguna terbesar adalah Lagoa dos Patos, Brasil sepanjang 150 mil dengan luas 4.500 mil

Labels: Buruk, Cakrawala

Thanks for reading Tempat Paling Ekstrim di Dunia. Please share...!

0 Comment for "Tempat Paling Ekstrim di Dunia"

Back To Top