Bos Paling Sederhana




Di luar kesuksesan penjualan mobil Toyota di seluruh dunia, Presiden sekaligus CEO Toyota Akio Toyoda ternyata seorang bos pabrikan mobil paling sederhana.

Toyoda, 57 tahun, adalah cucu dari pendiri Toyota Kiichiro Toyoda. Ia bergabung dengan Toyota pada 1984 dan mulai menjabat sebagai presiden sekaligus CEO Toyota pada 2009.

Pria yang sempat diberi penghargaan sebagai 'Man of The Year 2012' oleh Autocar ini juga seorang pebalap amatir yang sering menginjak dalam gas mobil-mobil balap Toyota di sejumlah kejuaraan.

Mengapa Toyoda sangat sederhana? Dibanding para CEO atau Presiden pabrikan mobil lainnya, pemasukan Toyoda ternyata 10 kali lipat lebih kecil.

Menurut Carbuzz, pemasukan Toyoda hanya sekitar US$2 juta per tahun. Bandingkan dengan Presiden Ford, Alan Mulally yang menghasilkan US$21 juta per tahun, atau CEO VW Martin Winterkorn dengan US$19 juta.

Toyoda juga sukses membawa Toyota menjadi pabrikan dengan profit paling tinggi dibanding pabrikan lainnya.

Profit tinggi tersebut mencakup 28% peningkatan pada tahun lalu, meskipun Toyota sempat dihajar bencana tsunami yang melanda Jepang, situasi ekonomi yang anjlok dan sejumlah recall pada sejumlah mobilnya.


0 comments:

Post a Comment