Kota Paling Selatan di Dunia

Puerto Williams di Chile terletak pada garis lintang 54"56 sehingga membuatnya dinobatkan sebagai pemukiman paling selatan di dunia. Puerto Williams berpenduduk 2.250 jiwa sehingga lebih cocok dikatakan sebagai sebuah desa daripada sebuah kota.



Sedangkan Ushuaia di Argentina, dengan populasi hampir 57.000 jiwa dianggap sebagai kota paling selatan di bumi. garis lintangnya hanya sedikit ke utara dibandingkan Puerto Williams, yaitu 54"58. Kota Ushuaia yang terletak di pesisir selatan Tierra del Fuego awalnya dikenal dengan nama Yamana. Nama tersebut diberikan oleh seorang misionaris Inggris berdasarkan bahasa lokal.

Pemerintah Argentina menetapkan Ushuaia sebagai koloni kaum "pesakitan" pada tahun 1880 seiring dengan dioperasikannya penjara disana. Namun karena alasan kemanusiaan, penjara-penjara tersebut ditutup pada tahun 1947. Tetapi sejumlah orang sejumlah orang yang (pernah) bekerja di penjara tersebut tetap tinggal di Ushuala meskipun penjara tersebut sudah ditutup.

Lalu bagaimana kota Ushuala tetap eksis sampai sekarang? Pariwisata, perikanan, gas alam, dan manufaktur saat ini menjadi sumber ekonomi Ushuala. Ushuala pun memiliki persyaratan untuk disebut sebagai kota modern karena memiliki bandara internasional, rumah sakit, sekolah, universitas dan sarana transportasi publik.




Labels: Cakrawala

Thanks for reading Kota Paling Selatan di Dunia. Please share...!

0 Comment for "Kota Paling Selatan di Dunia"

Back To Top