Sepuluh Kuil dan Candi Paling Menakjubkan di Dunia



Candi atau Kuil adalah sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu dan Buddha. Sepuluh Candi atau Kuil dibawah ini dibangun dengan teramat megah, detail, kaya akan hiasan-hiasan yang sangat mewah, bercitarasa estetika yang luhur dengan menggunakan teknologi yang sudah sangat maju pada zamannya . Bangunan-bangunan ini membuktilan bahwa betapa tingginya kebudayaan dan peradaban manusia pada zaman dahulu.

1. Tiger's Nest Monastery

Photo by Douglas J. McLaughlin (Photograph edited by Vassil)
from Wikipedia commons.

Tiger's Nest Monastery yang terletak di ujung tebing setinggi 3.000 di kaki (700 meter) Lembah Paro Valley adalah salah satu tempat paling suci di Bhutan. Legenda mengatakan bahwa guru Rinpoche (wiki..), Budha kedua, terbang ke tebing pada harimau betina untuk menundukan setan dan dewa jahat yang menentang agama Budha. Guru Rinpoche di kenal sebagai Padum di Tibet. Dan para pengikutnya merujuknya sebagai Budha Kedua.

Seorang Biksu muda kemudian membangun sebuah Kuil untuk menyebarkan Budha di sekitar lembah di Bhutan.

Menurut wisatawan, situs yang sangat menakjubkan karena terletak pada tebing dan ketinggian yang tinggi, Candi yang bertengger ditempat yang rasanya mustahil yang bersatu dengan alam membangkitkan spiritualitas atau kekaguman yang mendalam tentang keagungan alam.

2. Wat Rong Khun


Wat Run Kung terletak di Chiang Rai, Thailand. Tidak seperti pada kuil Budha lainnya di dunia, Wat Run Khun semuanya putih, struktur yang sangat menakjubkan dan indah bagai hiasan emas di cermin mosaik yang tampak bersinar ajaib. Dilakukan dalam gaya khas kontempoler yang meruapakan gagasan seniman terkenal Chalermchai Kosipipat.



Wat Rong Khun di Chiang Rai mulai di bangun sangat rinci, eksterior semua-putih melambangkan kesucian Buddha. Pemangkasan cermin melambangkan refleksi diri. Jembatan ke pintu masuk menyilang lautan senjata menjangkau bantuan dari kedalaman api neraka. Skulls, kepala setan, dan tokoh-tokoh pop-budaya dari bawah-Hellraiser; Hellboy-adalah pertanda apa yang akan datang.

3. Prambanan
Prambanan adalah sebuah candi Hidu di Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini dibangun pada tahun 850 CE yang terdiri dari 8 kuil utama 250 kuil yang lebih kecil disekitarnya.



Hampir semua dinding candi terdiri dari relief-relief yang menceritakan kisah-kisah inkarnasi Wisnu, Pertualangan Hanoman di Ramayana (wiki..) serta legenda lainnya.

4. Shwedagon Pagoda

Shwedagon yang juga dikenal dengan Julukan Pagoda Emas adalah stupa atau pagoda setinggi 98 meter yang berlapis emas. Yang terletak di kota Yangon, Myamar.

Pada pucak menaranya ditutupi dengan lebih dari 5.000 berlian dan 2.000 rubi. Dan yang lebih menakjubkan adalah pada bagian candi yang paling suci dalam agama Budhisme terdapat 8 helai rambut Budha.

5. Temple of Heaven

Temple of Heaven (Kuil Surga) adalah sebuah candi Tao yang terletak di Ibikota Beijing, China. Candi yang dibangun pada abad ke-14 oleh Kaisar Yongle dari Dinasti Ming ini ditujukan sebagai tempat pemujaan agama Tao.

6. Chion-In Temple

Chion-In Temple dibangun pada tahun 1234 masehi untuk menghormati pendiri Jodo (Pure land) Buddhism, seorang imam bernama Honem yang berpuasa hingga wafat. Komplek yang memiliki 21 bangunan ini pernah terkena gempa bumi sehingga tersisa bangunan yang paling tua berasal dari abad ke-17.

7. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah Candi Budha yang terletak Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada abad ke-19, Penjajah Belanda di Indonesia menemukan reruntuhan kuno besar jauh di kedalaman hutan Jawa. Apa yang mereka temukan adalah komplek Borobudur, Struktur raksasa dibangun dengan hampir 2 juta kaki kubik (55.000 meter persegi) dari batu.

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Sampai saat ini tidak ada yang tahu pasti kapan dan mengapa candi itu dibangun. Beberapa ahli percaya bahwa Borobudur adalah benar-benar sebuah buku raksasa Buddhisme, sebagai bas relief yang menceritakan kisah kehidupan Buddha serta prinsip-prinsip ajarannya.

8. Golden Temple

Sri Harmandir Sahib atau yang dikenal juga Sri Darbar Sahib atau Kuil Emas atau Golden Temple ini terletak di kota Amristar Punjab, India. Dibangun oleh Guru Sikh ke-4 dan Guru Ramdaas Sahib Ji di abad ke-16. Pada tahun 1604, Guru Arjun menyelesaikan Adi Granth Kitab Suci Sikh.

Merupakan kuil yang paling suci dari Sikhisme untuk Sikh. Kuil Emas ini melambangkan kebebasan dan kemerdekaan spiritual yang tak terbatas.

9. Candi Wisnu Srirangan

Candi agama Hindu ini terletak di India yang di dedikasikan untuk Wisnu, salah satu dari tiga dewa dalam Hinduisme.

Candi ini merupakan candi Hindu terbesar di dunia. Memiliki 7 dinding konsentris dan meliputi 150 hektar. Dinding terluar 4 kilometer panjangnya. Dinding bagian dalam paling tidak dapat dikunjungi oleh non-Hindu.

10. Angkor Wat, Ankor Thom dan Bayon

Ankor Wat atau Kuil Kota adalah sebuah candi atau kuil yang terletak di kota Angkor, Vietnam. Candi yang dibangun pada zaman Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12 yang dikerjakan selama 30 tahun. 

0 comments:

Post a Comment