Penemuan Jepang Yang Paling Membanggakan Adalah Mi Instan




Jepang dikenal sebagai salah satu tempat lahirnya banyak inovasi dan penemuan yang membentuk era modern ini. Dari walkman hingga pensil mekanik, banyak hal yang sekarang tampak lumrah ternyata pertama kali ditemukan oleh orang Jepang. Tapi dari sekian banyak penemuan yang berhasil merubah dunia menjadi lebih baik itu, yang mana sih yang paling membanggakan bagi orang Jepang?
Sebuah survei umum dilakukan kepada 500 orang Jepang yang isinya menanyakan penemuan rumahan mana yang membuat mereka bangga? Tidak diberi daftar, para peserta harus menyebut sendiri dari kepala mereka. Dan lebih dari setengahnya menjawab sama; Mi Instan!


57% responden menjawab Mi Instan sebagai penemuan rumahan Jepang yang paling membanggakan. Wajar, penemuan yang pertama kali dicetuskan oleh sang bapak Mi Instan, Momofuku Ando tahun 1958 ini berhasil membuat hidup banyak orang menjadi lebih baik dan praktis (terutama mereka para mahasiswa perantauan yang tiap akhir bulan mungkin terancam makan obat maag sebagai pengganti nasi tiap hari). Sampai saat ini lebih dari 100 miliar paket mi instan dikonsumsi oleh berbagai orang di dunia tiap tahunnya. Kalau penduduk dunia ada 6 milyar, berarti masing-masing dari kita makan berapa bungkus tuh?


Berikutnya adalah lampu LED Biru, yang berhasil membuat penemunya, Shuji Nakamura mendapatkan hadiah Nobel di tahun 2013. Lalu berikutnya ada toilet (36,8%), gerbang tiket otomatis (27.2%), karaoke (25%), kare instan (21.2%), batere kering dan rice cooker (21%), lalu kamera endoskopi (20%) dan pensil mekanis serta pena yang bisa dihapus (19.6%).


Kalau mi instan sih, kita juga bangga. Karena kalau kita tidak diperkenalkan sama bungkusan ajaib itu pada tahun 1969, takkan ada Mi Instan terbaik dari Indonesia, Ind*mie Goreng muncul. Dan nasib jutaan penghuni kos-kosan bakal tidak terduga tiap akhir bulan. Terima kasih Jepang.

0 comments:

Post a Comment