Kuliner Cirebon Paling Disukai



Berikut delapan kuliner khas Cirebon yang harus kamu coba.

1. Empal Gentong

Kuliner Cirebon yang sangat digemari adalah empal gentong. Makanan khas Cirebon ini mirip seperti soto atau gule daging. Tapi yang membedakan adalah proses pengolahannya yang menggunakan perlatan masaknya gentong besar dari tanah liat. Dimasak di atas api dari kayu bakar.

foto empal gentong via instagram

Secara umum, empal gentong ada dua jenis masakan, yaitu empal gentong dengan kuah santan dan taburan kucai. Atau empal gentong asem dengan kuah bening. Penambahan belimbing sayur memberikan cita rasa asam pada empal asem ala Cirebon ini.

2. Sate Kalong

Namanya sate kalong, tapi sate khas Cirebon ini bukan dari daging kalong loh. Awal mula disebut sate kalong, karena sejak lama, sate ini hanya dijual pada malam hari.

foto sate kalong via instagram

Sate kalong ini dibuat dari daging kerbau. Keistimewaan sata kalong adalah, sate diguyur dari kaldu air rebusan daging kerbau yang telah dicampur kan dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah.

Selain itu, bumbu kacangnya dicampur dengan oncom (fermentasi terhadap beberapa jenis kapang, mirip dengan pengolahan terhadap tempe). Jadi sate kerbau ini kaya akan rasa rempah yang menjadi ciri khasnya.
3. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot siapa yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini? Ya, karena kamu cukup mudah untuk menemukan makanan ini di Jakarta dan kota-kota lain.

Foto tahu gejrot via instagram

Tahu gejrot adalah makanan yang terdiri dari tahu goreng yang diiris tipis dimakan dengan Kuah air gula merah dengan campuran cabai rawit, bawang putih dan bawang merah.

4. Docang

Meski makanan khas Cirebon ini tidak terlalu terkenal banget dibanding empal gentong atau nasi jamblang, tapi kamu perlu mencicipinya ketika berada di kota Cirebon.

Docang yang berasal dari bahasa Cirebon ini, diambil dari dua kata yaitu Bodo (baceman) yang terbuat dari bahan oncom dan kacang hijau yang dijadikan toge. Bahkan menurut sumber, docang merupakan makanan wali khas kota Cirebon.

Foto makanan khas cirebon docang via instagram

Docang terbuat dari lontong yang dipotong-potong kecil, ditaburi parutan kelapa muda, irisan daun singkong lalu dicampur dengan toge yang telah direbus. Kemudian disiram kuah panas yang berisi dage (sejenis oncom) yang dihaluskan, sehingga mengapung di bagian atas kuah. Nikmati lah docang selagi panas.

5. Nasi Jamblang

Nasi jamblang hampir sama mirip dengan nasi kucing karena ukuran nasi yang porsi sama kecilnya. Nasi jamblang memang kuliner lokasi Cirebon. Tempatnya makanan khas Desa Jampang, Kabupaten Cirebon.

Foto makanan khas cirebon nasi jamblang via instagram

Biasanya nasi jamblang disajikan dengan menggunakan daun jati sebagai alas piring. Ini ciri khasnya yang membuat nasi beraroma dan lebih sedap. Nasi jamblang dihidangkan dalam kondisi dingin. Lauk yang pendampingnya terdiri dari tahu sayur, ikan asin, sate kentang, tempe, dan prekedel. Atau Anda bisa memilih lauk apa sesuai selera.

6. Kerupuk Melarat

Beragam warna yang bisa kamu dapatkan pada kerupuk melarat ini, dengan warna kuning, putih, hijau dan merah muda. Biasanya wisata kuliner di cirebon kerupk melarat ini di sajikan dengan sambal kacang yang rasanya asam.

Foto krupuk melarat instagram

7. Mie Kocok

Jika di lihat dari namanya mie kocok ini, sangat lah berbeda dengan kebanyakan mie yang pada umumnya. Mie kocok adalah sajian khas cirebon yang di dalam makanan tersebut ada mie kuning yang di mixing dengan salad kol, daging ayam, telor dan toge.

Foto mie kocok khas cirebon via instagram

Mie Kocok ini biasanya di sajikan dengan menggunakan kuah santan yang khas. Terlebih lagi wisata kuliner di kota cirebon makanan ini di sajikan pada saat masih hangat atau panas.

8. Nasi Lengko

Nasi lengko ini sangat populer dan digemari bagi para wisatawan, dan sangat mudah ditemukan di berbagai tempat di Kota Cirebon. Bahan-bahan untuk makanan ini yang digunakan cukup sederhana, seperti nasi putih, tahu, tempe, mentimun, taoge, dan daun kucai (gugusan tanaman bawang) yang kemudian ditaburi bawang goreng serta disiram bumbu kacang dan kecap. Lebih nimatnya lagi jika ditemani dengan kerupuk atau emping.

Foto nasi lengko makanan khas cirebon via instagram

Jika kamu mengunjungi kota Cirebon, pastikan kamu untuk tidak melewatkan 8 makanan khas cirebon. Wisata kuliner di cirebon memang sangat menarik, jadi kamu layak untuk mencoba berbagai aneka sajian yang ada di Kota Cirebon.

0 comments:

Post a Comment