Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

Cara Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan Ganti Kaleng


Tidak terasa motor matic saya yang selalu menemani saya disaat suka maupun duka harus perpanjang STNK 5 tahunan ganti kaleng. Karena motor bernopol Bekasi Kota maka saya harus mengurusnya di Samsat pusat Bekasi.


Untuk urus perpanjang STNK 5 tahunan ganti kaleng tidak bisa dilakukan di konter tapi harus di Samsat pusat.

Lokasi Samsat pusat Bekasi ada didekat lampu merah Bulak Kapal atau di seberang Makam Pahlawan Bekasi.


Setelah melihat Google Maps saya langsung sampai di lokasi dengan mudah dan masuk ke pintu gerbang.

Berikut ini saya tuliskan cara memperpanjang STNK 5 tahunan ganti kaleng.

1. Kendaraan langsung menuju bangunan Cek Fisik. Disini fisik kendaraan diperiksa dan di esek-esek nomor kerangka dan nomor mesinnya. Saya melihat ada orang yang nopolnya hilang maka dia diharuskan membuat laporan kehilangan dulu di ruangan yang ada disekitar gedung.


2. Kemudian menuju Loket Pendaftaran. Disini pulpen sangat diperlukan untuk mengisi form. Selain itu juga persiapkan fotokopi STNK, fotokopi BPKB (bagian nama pemilik dan data kendaraan), dan fotokopi KTP, semua hanya perlu 1 fotokopi.


3. Berikutnya menuju ruangan besar di gedung utama. Dipintu ruangan saya diberikan form yang harus diisi lengkap.

4. Pertama saya harus menuju loket Progresif. Letakan semua berkas lalu tunggu dipanggil.

5. Setelah mendapat panggilan, saya diarahkan menuju loket Perpanjang Roda Dua 5 Tahunan. Disini semua berkas kembali diperiksa dan mendapat nomor antrian untuk melakukan pembayaran.

6. Lalu saya diarahkan ke loket kasir.  Taruh nomor antrian tadi lalu tunggu dipanggil. Setelah dipanggil serahkan uang sebesar nominal yang disebutkan kasir. Lalu kembali ke loket sebelumnya untuk mengambil berkas.

7. Setelah melakukan pembayaran kemudian saya menuju loket Pengambilan STNK. Disini saya sudah mendapatkan STNK baru.

8. Berikutnya saya diarahkan menuju tempat pembuatan Plat Nomor barunya yang terletak di belakang gedung utama. Di ruangan ini saya cuma menunggu sekitar 7 menit tidak mengantri sudah mendapatkan plat nomor baru. Selesai.

Seperti yang saya lihat bila tidak ada antrian panjang, semua proses perpanjang STNK 5 tahunan ganti kaleng ini hanya memakan waktu 30 menit. Namun apabila ada antrian panjang bisa memakan waktu 1 sampai 2 jam.

Dan perlu diperhatikan pula untuk tidak datang kesiangan, bila kesiangan maka waktu tunggu akan bertambah dengan jam istirahat makan siang petugas. Mungkin juga ada pengaruhnya tanggal muda atau tanggal tua. Bila tanggal tua akan lebih sepi.

Labels: Kiat

Thanks for reading Cara Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan Ganti Kaleng. Please share...!

Back To Top