Kampus Indonesia Paling Beken di Asia



Kampus Indonesia Paling Beken di Asia

Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Indonesia (UI) masuk ke dalam jajaran 100 kampus paling populer di Asia.

Hal itu dimuat Webometrics periode Februari 2013 meliris perguruan tinggi terpopuler di Asia.

Kemudian UGM berada di peringkat 70, menjadikan universitas negeri tertua di Indonesia tersebut berada di posisi paling tinggi di antara semua kampus di Indonesia.

Sementara itu, ITB menempati rangking 81 dan UI di posisi 95.

Webometrics juga memasukkan 7 perguruan tinggi Indonesia lainnya dalam Top 200 Asia. Universitas swasta Gunadarma berhasil merebut posisi 112, menjadikannya satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang berhasil masuk ke dalam peringkat bergengsi Webometrics.

Sementara itu, beberapa perguruan tinggi yang juga masuk ke dalam Top 200 Asia yaitu, Unbraw (131), Undip (152), IPB (166), ITS (168), Unpad (170), dan Unair (194).

Adapun lima besar peringkat perguruan tinggi Asia ditempati National Taiwan University, University of Tokyo, Kyoto University, Tsinghua University China, dan University of Hong Kong.

Webometrics melakukan pemeringkatan terhadap dari 20.000 perguruan tinggi dari 200 negara, sebanyak 356 di antaranya adalah perguruan tinggi di Indonesia.

Lembaga pemeringkat yang berbasis di Spanyol ini, menggunakan 4 parameter penilaian yaitu Presence, Impact, Openness, dan Excellence.

0 comments:

Post a Comment