Stasiun Kereta Paling Ramai di Indonesia


Siapa yang tak tahu Stasiun Gambir? Di sini traveler Jakarta memulai perjalanan ke beberapa destinasi di Pulau Jawa, sekaligus tempat kedatangan traveler menjelajahi jakarta. Gambir pun jadi stasiun paling ramai se-Indonesia!

Terletak di pusat Jakarta, Stasiun Gambir selalu ramai oleh traveler. Ada yang hendak bertualang ke wilayah-wilayah di Pulau Jawa, ada juga yang baru tiba untuk menjelajahi Jakarta. Stasiun Gambir tak pernah sepi dari traveler tiap waktunya.

"Benar, Stasiun Gambir itu paling ramai se-Indonesia, khususnya untuk komersial," kata Kahumas PT KAI Daops I, Sukendar Mulya.



Situs resmi Indonesia Heritage Railway, mengemukakan hal yang sama. Stasiun Gambir pun menjadi stasiun terbesar di Jakarta. Stasiun ini melayani transportasi kereta api untuk tujuan-tujuan utama di Pulau Jawa, seperti rute menuju Yogyakarta, Semarang, hingga Surabaya.

Stasiun Gambir dibangun sekitar tahun 1930-an dengan nama Koningsplein. Artinya, Stasiun Gambir telah berdiri sejak penjajahan Belanda dan masih berdiri megah hingga sekarang ini. Lalu pada tahun 1990-an, Stasiun Gambir mengalami renovasi secara besar-besaran.

"Ada sekitar 40-an rute yang dilayani Stasiun Gambir," ujar Sukendar.

Berbagai macam kereta di Stasiun Gambir siap mengantar Anda menjelajahi tiap destinasi di Pulau Jawa. Ada kereta Argo Jati yang mengantarkan traveler ke Cirebon, Bima yang mengantar ke Purwokerto dan Yogyakarta, dan masih banyak lagi.



Stasiun Gambir tepatnya berada di Jl Medan Merdeka Timur dan letaknya sangat strategis. Stasiun ini berdekatan dengan objek-objek wisata terkenal di Jakarta, seperti Monas, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan Museum Nasional.

Hal tersebut memudahkan traveler yang baru tiba di Stasiun Gambir untuk menjelajahi Jakarta. Mereka tinggal jalan kaki ke Monas atau naik bus Transjakarta menuju kawasan Kota Tua Jakarta.

Stasiun Gambir pun menawarkan kenyamanan bagi traveler. Deretan rumah makan, kafe, toko pakaian, hingga toko buku ada di dalam stasiunnya. Beberapa mesin ATM di sana juga memudahkan traveler untuk mengambil uang. Di Stasiun Gambir juga tersedia pula bus DAMRI menuju Bandara Soekarno Hatta. Jika kebingungan, para petugas stasiun akan siap membantu Anda.

"Setapi harinya, ada sekitar 3.000 penumpang di Stasiun Gambir," papar Sukendar.

Itu bukanlah angka yang sedikit. Maka jangan heran, bila Anda selalu melihat Stasiun Gambir selalu ramai oleh lalu-lalang orang. Apalagi saat musim mudik Lebaran tiba, Stasiun Gambir bagaikan lautan manusia!

"Untuk ke depannya, Stasiun Gambir akan lebih nyaman, aman, dan tertib," janji Sukendar.

Labels: Fakta

Thanks for reading Stasiun Kereta Paling Ramai di Indonesia. Please share...!

0 Comment for "Stasiun Kereta Paling Ramai di Indonesia"

Back To Top