Negara Paling Dermawan Sedunia




1. Myanmar

Negeri yang baru terbebas dari junta militer ini mencatat skor tertinggi dalam kesediaan menyumbangkan uang. Sedikitnya 92% penduduk Myanmar rajin memberikan uang buat kaum papa dan 55% diantaranya gemar meluangkan waktu untuk kegiatan sosial secara sukarela. Padahal Bank Dunia menempatkan Myanmar dalam level negara berpenghasilan menengah bawah.

2. Amerika Serikat

Tahun lalu Amerika Serikat masih mencatatkan diri sebagai bangsa paling dermawan di dunia. Tapi kini negeri paman sam itu harus menyerahkan tempat kehormatan itu kepada negara berkembang di ASEAN. Satu-satunya indikator yang menempatkan AS di posisi teratas adalah kesediaan membantu orang tak dikenal (76%), yang merupakan skor tertinggi di daftar 10 besar World Giving Index.

3. Selandia Baru

Selandia Baru mencuat berkat kesediaan yang tinggi untuk menyumbangkan uang (73%) dan membantu orang tak dikenal (65%). Sementara dalam hal bekerja secara sukarela untuk kegiatan sosial, negeri kepulauan ini mencatat skor 45%.

4. Kanada

Kanada adalah negara industri lain yang masuk dalam daftar sepuluh besar negara paling dermawan. Negeri di utara Amerika ini mencatat skor 69% untuk kesediaan membantu orang tak dikenal, 67% untuk menyumbangkan uang dan 44% untuk bekerja secara sukarela.

5. Australia

Kebijakan imigrasinya yang ketat membuat Australia sering dipandang sebagai negara kaya yang enggan membagi kemakmurannya. Tapi tudingan itu disanggah oleh Indeks Kedermawanan 2015. Dalam daftar ini Australia mencatat skor 66% buat kesediaan membantu orang tak dikenal, 72% untuk sumbangan uang demi kegiatan sosial dan 40% untuk kerelaan bekerja tanpa dibayar.

6. Inggris

Inggris termasuk satu dari lima negara G20 yang berada di posisi 20 besar. Ketika negara kepulauan itu mencatat kesediaan besar buat menyumbangkan uang demi kegiatan sosial (75%) dan membantu orang tak dikenal (63%), cuma segelintir penduduk yang mau meluangkan waktu untuk bekerja sukarela di kegiatan sosial (32%).

7. Belanda

Serupa seperti Inggris, penduduk Belanda tergolong dermawan memberikan sumbangan berupa uang (73%) atau membantu orang tak dikenal (59%). Tapi hal yang sama tak berlaku jika menyangkut bekerja secara sukarela buat kegiatan sosial (36%).

0 comments:

Post a Comment